QOMAH, ISTI (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK REFRAMING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (443kB)
AWALAN.pdf
Download (7MB)
BAB I.pdf
Download (629kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (603kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (755kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (510kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (632kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
Abstract
Self efficacy adalah suatu bentuk kepercayaan atau keyakinan
terkait kemampuan dirinya sendiri dalam mengatur, melakukan sesuatu guna mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu, dan juga mengimplementasikan tindakan agar bisa mencapai suatu bentuk kecakapan tertentu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan self efficacy yang rendah pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 KapasBojonegoro yang itandai dengan perilaku seperti kurangnya keyakinan, sering cemas dalam mengambil keputusan dan memiliki keraguan. Hal ini berdasarkan hasil wawancara, observasi serta penyebaran angket skala self efficacy sebagai pre-test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik reframing dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment dengan one group pre-test – post-test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kapas Bojonegoro Tahun Ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui instrumen skala self efficacy. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membedakan nilai pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian membuktikan self efficacy siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kapas Bojonegoro sebelum diberikan perlakuan dengan teknik reframing berada pada kategori rendah dengan presentase rata-rata 45% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik reframing terjadi peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 94%.Berdasarkan hasil output uji paired t-test dapat diketahui bahwa hasil nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka h1 diterima. Terdapat perbedaan signifikansi terhadap penggunaan
teknik reframing dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self efficacy siswa SMP Negeri 1 Kapas Bojonegoro
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Reframing, Self Efficacy, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Isti qomah |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 04:03 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 04:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti UNSPECIFIED Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1615 |