THOHIR, AHMAD (2022) INTERNALSASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (360kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (1MB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (738kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (972kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (237kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (446kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan dasar lembaga pendidikan. Nampaknya, nilai bisa didefinisikan, bisa dibandingkan, bisa dipertentangkan, bisa dianalisis, bisa digeneralisir, dan bisa diperdebatkan. Arti penting PAI di sekolah adalah untuk membina dan memelihara siswa agar dapat terus menerus mendapatkan pelajaran agama Islam secara utuh. Kurangnya sopan santun siswa terhadap guru dan Orangtua serta kurangnya disiplin siswa seperti sering membolos dan menentang terhadap guru. Tujuan Pendidikan Agama Islam disekolah adalah untuk membina dan mengasuh siswa agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi (Data Reduction), Paparan Data (Data Display), Verifikasi (Conclusion Drawing/Verifying) sesuai dengan teori Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi.
Berdasarkan penelitian di lapangan, Hasil dari penelitian ini adalah (1) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sebagai upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 yaitu, dengan cara guru memberikan pengetahuan keislaman melalui materi-materi yang ada pada buku siswa. Adapun guru juga menerapkan berbagai metode yaitu, diskusi, bermain peran, demostrasi dll. guru juga memberikan kisah-kisah teladan umat terdahulu agar siswa dapat mengambil hikmah serta sisi positif dari kisah tersebut sebagai gambaran untuk kehidupan sehari-hari sekaligus pembentukan karakter pada diri mereka. Guru juga menekankan pada pembiasaan sholat berjamaah siswa dimulai dari sholat jamaah dhuha sebelum proses pembelajaran dan pada istirahat ke dua sholat dhuhur berjamaah. (2) Mengetahui faktor pendukung Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 Ngasem yaitu, upaya guru PAI dalam membuat progam-progam pembentukan karakter Islami, sarana dan prasarana yang sangat memadai. (3) Mengetahi faktor penghambat Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 Ngasem antara lain yaitu, Kurangnya dukungan, Kurangnya kesadaran, Terbatasnya tempat ibadah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Pembentukan Karakter Islami |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD THOHIR |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 01:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Mamlu`ah, Aya UNSPECIFIED Thesis advisor Khoiriyah, Siti UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1611 |