INTERNALSASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGASEM BOJONEGORO

THOHIR, AHMAD (2022) INTERNALSASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah yang merupakan dasar lembaga pendidikan. Nampaknya, nilai bisa didefinisikan, bisa dibandingkan, bisa dipertentangkan, bisa dianalisis, bisa digeneralisir, dan bisa diperdebatkan. Arti penting PAI di sekolah adalah untuk membina dan memelihara siswa agar dapat terus menerus mendapatkan pelajaran agama Islam secara utuh. Kurangnya sopan santun siswa terhadap guru dan Orangtua serta kurangnya disiplin siswa seperti sering membolos dan menentang terhadap guru. Tujuan Pendidikan Agama Islam disekolah adalah untuk membina dan mengasuh siswa agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi (Data Reduction), Paparan Data (Data Display), Verifikasi (Conclusion Drawing/Verifying) sesuai dengan teori Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi.
Berdasarkan penelitian di lapangan, Hasil dari penelitian ini adalah (1) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sebagai upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 yaitu, dengan cara guru memberikan pengetahuan keislaman melalui materi-materi yang ada pada buku siswa. Adapun guru juga menerapkan berbagai metode yaitu, diskusi, bermain peran, demostrasi dll. guru juga memberikan kisah-kisah teladan umat terdahulu agar siswa dapat mengambil hikmah serta sisi positif dari kisah tersebut sebagai gambaran untuk kehidupan sehari-hari sekaligus pembentukan karakter pada diri mereka. Guru juga menekankan pada pembiasaan sholat berjamaah siswa dimulai dari sholat jamaah dhuha sebelum proses pembelajaran dan pada istirahat ke dua sholat dhuhur berjamaah. (2) Mengetahui faktor pendukung Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 Ngasem yaitu, upaya guru PAI dalam membuat progam-progam pembentukan karakter Islami, sarana dan prasarana yang sangat memadai. (3) Mengetahi faktor penghambat Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam upaya pembentukan karakter Islami siswa SMP Negeri 1 Ngasem antara lain yaitu, Kurangnya dukungan, Kurangnya kesadaran, Terbatasnya tempat ibadah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pembentukan Karakter Islami
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD THOHIR
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:48
Last Modified: 18 Oct 2022 01:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Mamlu`ah, Aya
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item
View Item