PARAWANSA, KOFIFAH INDAR (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP ISLAM KLEPEK SUKSOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (448kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (886kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (863kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (418kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (535kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pemahaman siswa merupakan salah satu hal yang wajib diraih dalam pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa, permasalahan yang sering dijumpai dalam kurang pahamnya siswa adalah kurangnya memperhatikan guru dan sering bergurau dengan temannya dan tidak fokus dalam pembelajaran. Hal ini berkaitan dengan proses belajar mengajar yang menjadi terhambat. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Islam Klepek Sukosewu memuat beberapa materi akhlak terpuji tentang berbakti kepada orang tua. Yang menuntut siswa untuk memahami materi tersebut. Maka guru menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yaitu model untuk mengembangkan cara siswa belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, sehingga hasil yang diperoleh lebih bermakna, tahan lama dan tidak mudah dilupakan siswa. Sebelum berdiskusi guru mereview materi sebelumnya, setelah itu guru membuatkan contoh materi akhlak terpuji tentang berbakti kepada orang tua yang akan mereka pelajari dan pada tahap akhir siswa mendeskripsikan hasil diskusi pada guru dan diakhir pembelajaran guru memberikan pertanyaan atas materi yang telah mereka pelajari. Untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan deskriptif kualitatif (descriptive research) dengan jumlah siswa kelas VIII 20 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data meliputi uji kreadibilitas data, uji depenabilitas, uji transferabilitas data, uji konfirmabilitas data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut (1) penerapan model pembelajaran discovery learning bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan membantu siswa untuk lebih fokus serta aktif dalam belajar dengan melalui 4 tahap yaitu review materi sebelumnya, ke2 tahap terbuka, ke3 memandu siswa dalam kegiatan pengataman, ke4 penutup atau evaluasi setelah pembelajaran.(2) kendala dalam penerapan model pembelajaran discovery learning siswa yang tidak memperhatikan guru dan sering bergurau sendiri saat pelajaran berlangsung(3) model pembelajaran discovery learning menunjukkan keefektifan yang dilihat dari nilai ulanagn siswa sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Klepek Sukosewu.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman siswa, Pendidikan Agama Islam (PAI), Model Pembelajaran Discovery learning. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | kofifah indar parawansa |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NISA', IDA FAUZIYATUN UNSPECIFIED Thesis advisor ISROANI, FARIDA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1601 |