WIYANTO, SONI (2022) KEEFEKTIFAN PELATIHAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MA AL-FALAH BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (169kB)
AWALAN.pdf
Download (913kB)
BAB I.pdf
Download (209kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (252kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (248kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Interaksi sosial merupakan hal penting dalam kehidupan bersama di dalam masyarakat. Bertemunya seseorang dengan orang lain atau kelompok lainnya, kemudian mereka saling berbicara, bekerja sama, dan seterusnya untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan itu dapat dikatakan sebagai proses interaksi sosial yang menjadi dasar proses sosial. Siswa yang tidak memiliki keterampilan interaksi sosial akan berdampak seperti: siswa ragu dan kurang responsif terhadap situasi yang dihadapi, siswa mengalami hambatan dalam hubungan serta tidak mampu melakukan interaksi sesama teman dengan baik. Upaya untuk mengatasi keterampilan interaksi sosial siswa adalah menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Layanan tersebut efektif untuk meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan interaksi sosial siswa dengan menggunakan teknik sosiodrama.
Penelitian ini menggunakan metode eksperiment dengan desain Postest Only Control Desain. Sampel penelitian 25 siswa yang diambil dengan menggunakan simple random sampling dan dijadikan dua kelompok eksperimen sebanyak 12 siswa dan kelompok control sebanyak 13 siswa. Hasil post-test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen berisi 31 butir soal yang valid. Menunjukan selisih rata-rata hasil yang signifikan yaitu 8.81% pada kelompok eksperimen ratarata hasil posttest 68,48% sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 59,67% . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa di MA Al-Falah Bangilan. Dengan demikian penelitian ini menyarankan agar bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keterampilan interaksi sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Interaksi Sosial. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Soni Wiyanto |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 02:35 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 02:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI vestidwibk@yahoo.com Thesis advisor SRIANTURI, YANUARI yanuaris17@gmail.com |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1596 |