ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLECTIVE DAN IMPULSIVE SISWA

MUFIDA, ARIYUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLECTIVE DAN IMPULSIVE SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive dalam menyelesaikan masalah matematika pada meteri segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII G MTs N 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Gaya Kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), Tes uraian (essay) berpikir kritis matematika, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif reflective mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview) dalam menyelesaikan masalah matematika. Sedangkan salah satu subjek dengan gaya kognitif impulsive dalam meyelesaikan masalah matematika tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis dan satu subjek impulsive yang lain hanya dapat memenuhi indikator Focus.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Reflective, Impulsive
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariyul Mufida
Date Deposited: 18 Oct 2022 01:29
Last Modified: 18 Oct 2022 01:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
anisafitri@unugiri.ac.id
Thesis advisor
Ismanto
ismanto90@unugiri.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item
View Item