MUFIDA, ARIYUL (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLECTIVE DAN IMPULSIVE SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (57kB)
AWALAN.pdf
Download (7MB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (482kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (271kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (391kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif reflective dan impulsive dalam menyelesaikan masalah matematika pada meteri segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas VII G MTs N 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Gaya Kognitif MFFT (Matching Familiar Figures Test), Tes uraian (essay) berpikir kritis matematika, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif reflective mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, and Overview) dalam menyelesaikan masalah matematika. Sedangkan salah satu subjek dengan gaya kognitif impulsive dalam meyelesaikan masalah matematika tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis dan satu subjek impulsive yang lain hanya dapat memenuhi indikator Focus.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Reflective, Impulsive |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ariyul Mufida |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 01:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 01:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fitri, Anisa anisafitri@unugiri.ac.id Thesis advisor Ismanto ismanto90@unugiri.ac.id |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1594 |