Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Regulasi Diri untuk Meningkatkan Efikasi Diri di SMA Plus Al-Amanah Tahun Pelajaran 2021/2022

Rohmah, Miftakhur (2022) Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Regulasi Diri untuk Meningkatkan Efikasi Diri di SMA Plus Al-Amanah Tahun Pelajaran 2021/2022. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Efikasi diri adalah dasar utama dari tindakan. Efikasi diri mengacu pada keyakinan siswa terhadap kecakapannya dalam mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Efikasi diri dalam penelitian ini diukur berdasarkan 3 aspek, yaitu : aspek tingkat (magnitude), aspek kekuatan (strength), dan aspek keadaan yang umum (generality). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang didalam usulan penelitian, proses, hipotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai dengan penulisannya mempergunakan aspek pengukuran, perhitungan, rumus dan kepastian data numerik. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu 200 siswa SMA Plus Al-Amanah Bojonegoro, dengan sampel berjumlah 67 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode skala efikasi diri, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-smirnov, uji reliabilitas, menggunakan alpha cronbach, dan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 25. Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri dengan jumlah yang diberi perlakuan yaitu 15 siswa Hasil uji paired sample t-test adalah 0.000 yang berarti nilai signifikan kurang dari 0,05 berarti menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ditemukan adanya perbedaan yang signifikan atau peningkatan efikasi diri siswa dengan penerapan bimbingan kelompok teknik regulasi diri pada siswa SMA Plus Al-Amanah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Miftakhur Rohmah
Date Deposited: 15 Oct 2022 05:58
Last Modified: 15 Oct 2022 05:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Rachmawati, Ulvina
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item
View Item