IMPLEMENTASI METODE YAHQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN 100 HADIS PADA SISWA KELAS VIII MTS ISLAMIYAH KUNIRAN BOJONEGORO

WIJANANTO, AHMAD AFRI (2022) IMPLEMENTASI METODE YAHQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN 100 HADIS PADA SISWA KELAS VIII MTS ISLAMIYAH KUNIRAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan kemampuan hafalan merupakan suatu hal yang perlu dilakukan dalam sebuah lembaga. Khususnya dalam program hafalan 100 hadis yang diterapkan di MTs Islamiyah Kuniran Bojonegoro. Dalam program peningkatan kemampuan ini, tentunya diperlukan sebuah metode yang efektif digunakan di madrasah ini. MTs Islamiyah Kuniran ini menerapkan metode yahqi sebagai jembatan untuk meningkatkan hafalan 100 hadis pada siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kuniran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui beberapa fokus tentang 1) bagaimana implementasi metode yahqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan 100 hadis pada siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kuniran. 2) bagaimana keberhasilan implementasi metode yahqi dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa kelas VIII di Mts Islamiyah Kuniran.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi metode yahqi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa pendekatan, baik pendekatan secara klasikal maupun pendekatan secara individual, juga diterapkan teknik tutor sebaya dan pengiriman Video pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan hafalan siswa. 2) Dengan pengimplementasian metode yahqi ini hafalan siswa semakin meningkat dan siswa lebih semangat dan antusias dalam proses menghafal 100 hadis tersebut.Kata kunci: Metode Yahqi, Kemampuan Hafalan, Siswa Kelas VIII

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Yahqi,Kemampuan Hafalan,dan Siswa Kelas VIII
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ahmad afri wijananto
Date Deposited: 15 Oct 2022 02:14
Last Modified: 15 Oct 2022 02:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Miftah, Zaini
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item
View Item