ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS VIII MTS T AUHIDIYAH 1 BUBULAN

AINUROHMA, NOVIA (2022) ANALISIS HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI METODE READING GUIDE PADA SISWA KELAS VIII MTS T AUHIDIYAH 1 BUBULAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (884kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran. permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran adalahn rendahnya minat baca siswa. Hal ini berkaitan dengan hasil akhir proses belajar mengajar. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) banyak memuat tentang bacaan, deskripsi sejarah yang menuntut siswa untuk membaca, menelaah dan memahami suatu bacaan. Maka guru menerapkan metode reading guide yaitu metode pembelajaran dengan menggunakan bahan bacaan, setelah membaca siswa diberikan pertanyaan oleh guru, sehingga dapat dilihat sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan menggunakan metode deskriptif kuantitatif (descriptive research) dengan jumlah sampel 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian yang digunakan, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan metode reading guide bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan membantu siswa lebih fokus belajar serta mudah memahami pelajaran, (2) metode reading guide memiliki pengaruh yang kuat dengan hasil belajar siswa. Hasil pengujian korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,622 > 0,361 dengan nilai sig (2tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. dan (3) faktor pendukung dari penerapan metode reading guide adalah keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu pembelajaran yang singkat, minat baca dari sebagian siswa masih kurang dan buku referensi yang terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Metode reading guide
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novia Ainurohma
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:03
Last Modified: 13 Oct 2022 08:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item
View Item