ANALISIS PENGAKTIFAN ENAM SISTEM OTAK PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BALEN

Ibrahim, Khanif (2022) ANALISIS PENGAKTIFAN ENAM SISTEM OTAK PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah suatu pondasi atau tatanan yang dapat mencegah seseorang untuk tidak melakukan tindakan yang tidak baik. Emosi dan perilaku manusia dibangun dan dihasilkan oleh cara kerja otak. Sesuai dengan ilmu neurosains telah ditemukan bahwa ada enam sistem otak pada manusia dan sistem ini bekerja bersama untuk mengontrol semua aspek perilaku manusia. Ilmu neurosains atau ilmu pengaktifan enam sistem otak dipilih sebagai landasan untuk membangun model pembelajaran yang sarat karakter, yang mana sistem saraf dan otak merupakan asas fisikal bagi proses pembelajaran manusia. Sebagaimana penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Balen menunjukkan bahwa semua metode dan strategi yang digunakan guru PAI sesuai dengan konsep-konsep pembentukan karakter religius dengan mengaktifan enam sistem otak pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Balen. Oleh karena itu, pengaktifan enam sistem otak tersebut sangat berpengaruh terhadap pembelajaran PAI untuk membentuk karakter religius di SMP Negeri 1 Balen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, diskusi teman sejawat, dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan siswa SMP Negeri 1 Balen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Balen sudah mengaktifkan enam sistem otak untuk membentuk karakter religius dengan proses pembelajaran intrakurikuler dan ekstrakurikuler dan dengan pembiasaan tadarus al-quran,pembacaan asmaul husna, jumat qolbu serta sholat berjamaah. (2) Karakter religius yang menonjol pada pengaktifan enam sistem otak di kelas VIII SMP Negeri I Balen Balen diantaranya yaitu jujur, tangung jawab, disiplin, toleransi, peduli sosial dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Enam Sistem Otak, Pembelajaran PAI, Karakter Religius
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHANIF IBRAHIM
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:28
Last Modified: 20 Oct 2022 01:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anisah, Giati
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item
View Item