MAWADDAH, VIVIN FARIDHATUL (2022) PROBLEMATIKA ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SAAT COVID 19 DI MTS. SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOSEWU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (462kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (755kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (660kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (816kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (504kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (547kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Munculnya virus Covid-19 di Indonesia menyebabkan berbagai masalah, salah satunya di bidang pendidikan, kegiatan pembelajaran yang mulanya tatap muka (luring) kini beralih menjadi dalam jaringan (daring). Keadaan ini menimbulkan berbagai macam problematika bagi guru, siswa dan juga orang tua, karena mereka belum terbiasa dengan sistem pembelajaran daring. Problematika yang terjadi akibat pembelajaran daring adalah kegiatan belajar mengajar yang kurang efektif, keterbatasan penguaasaan teknologi oleh orang tua siswa maupun guru, kendala jaringan, orang tua tidak bisa membagi waktu antara bekerja dan mendampingi anak belajar, menurunnya minat belajar anak, dan masih banyak lagi problem-problem lainnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang muncul, yaitu: 1) Untuk mengetahui apa saja problematika orang tua dalam membimbing anak pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam saat pandemi covid-19 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu, 2) Untuk mengetahui apa saja upaya orang tua dalam mengatasi peroblematika pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam saat pandemi covid-19 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek dari 8 siswa/siswi dan wali murid sebagai responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problematika orang tua dalam membimbing anak pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islma saat pandemi covid-19 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu adalah: Orang tua kurang memahami materi pelajaran, kesulitan dalam memnuhi fasilitas pembelajaran daring, kurang sabar dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring, kesulitan membagi waktu dalam mendampingi anak, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, 2) Upaya orang tua dalam mengatasi problematika pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam saat pandemi covid-19 di MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu adalah: memberi motivasi dan perhatian lebih, membagi waktu antara bekerja dan mendampingi anak belajar, memenuhi fasilitas belajar daring, bertanya kepada guru tentang materi pelajaran yang kurang difahami, mengevaluasi pembelajaran di rumah, dan memberi anak waktu untuk bermain.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika orang tua, Pendidikan Agama Islam, Daring, Covid-19. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | vivin faridhatul mawaddah |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 08:34 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA UNSPECIFIED Thesis advisor ANISAH, GIATI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1537 |