MAULA, SITI ATHI' ATUL (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM NURUL ULUM KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Sampul.pdf
Download (653kB)
awalan (1).pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (682kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (947kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (650kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (929kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (511kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (520kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (955kB) | Request a copy
Abstract
Media Powerpoint adalah suatu media audio visual yang berbentuk aplikasi dari program komputer, yang digunakan sebagai alat bantu untuk memaparkan atau mempresentasikan sebuah materi tertentu. Program ini dirancang khusus untuk menyampaikan presentasi, baik yang diselenggarakan oleh perusahaan, pemerintahan, pendidikan, maupun perorangan, dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media komunikasi yang menarik. Tujuan menggunakan media pembelajaran Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII setalah berhasil dapat digunakan dalam semua mata pelajaran karena fasilitas sekolah juga sangat mendukung.
Hasil Penelitian terdapat koefisien korelasi antara media pembelajaran Powerpoint dengan hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan hasil perhitungan menunjukkan bahwa harga chi kuadrat hitung lebih besar dari pada harga chi kuadrat tabel, pada taraf signifikasi 5% dan 1%. Dibuktikan dengan product moment 1% dan 5% yaitu 0,444 < 14,136 atau rt < ro. Oleh karena itu hal ini menunjukkan adanya hubungan media pembelajaran Powerpoint dengan hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam. Serta semakin menerapkan media pembelajaran Powerpoint di kelas selain kelas VIII dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam semakin meningkatkan pula hasil belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam
Saran peneliti terhadap sekolah yaitu menyarankan untuk memodivikasi Powerpoint dengan animasi-animasi bergerak atau menggabungkan vidio dengan gambar-gambar agar siswa-siswi tidak merasa monoton melihat gambar saja serta menjelaskan lebih detail dari point-point yang dipaparkan di Powerpoint.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Powerpoint, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Athi' Atul Maula |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 01:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 01:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su’udin UNSPECIFIED Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1522 |