SAKDIYAH, ST.MILATUS (2022) METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTIK IBADAH SHOLAT JENAZAH KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH PETAK GAYAM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (490kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (699kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (971kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (654kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (564kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (667kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode contextual teaching and learning merupakan salah satu metode yang digunakan untuk metode pembelajaran setiap hari. Madrasah Tsanawiyah Petak menjadi salah satu Madrasah yang menggunakan metode tersebut untuk metode pembelajaran praktik sholat jenazah. Selain membahas tentang metode contextual teaching and learning, juga membahas tentang tata cara sholat jenazah dengan baik dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dan implementasi metode contextual teaching and learning dalam meningkatkan kemampuan praktik ibadah sholat jenazah kelas IX Madrasah Tsanawiyah Petak Gayam Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan diskriptif. Pengumpulan metode ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Informan peneitian yaitu guru kajian kitab majmu’ah asy-syari’ah al-kafiyah lil awami di Majelis Taklim Maslakul Huda desa Beged kecamatan Gayam dan beberapa santrinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode contextual teaching and lerning digunakan dalam praktik ibadah sholat jenazah Madrasah Tsanawiyah Petak Gayam Bojonegoro; (2) dalam mengimplementasikan hasil dari metode contextual teaching and lerning digunakan dalam praktik ibadah sholat jenazah guru mengarahkan siswa untuk melakukan praktik ibadah sholat jenazah dengan baik dan benar yang bertujuan untuk ketika siswa lulus, siswa diharapkan mampu mengikuti sholat jenazah dengan baik dan benar dimasyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode contextual teaching and learning, sholat jenazah |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | St. Milatus Sakdiyah |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 08:27 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 08:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Anisah, Giati UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1501 |