RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL -AKHLAK AL-BANAT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN ABU DZARRIN DANDER BOJONEGORO

KHOIR, SITI ROHMATUL (2022) RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL -AKHLAK AL-BANAT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN ABU DZARRIN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang sangat penting, sebab jatuh bangunnya suatu individu atau kelompok tergantung pada bagaimana akhlak manusia tersebut.Kualitas ilmu dalam keunggulannyatanpa disertai dengan akhlak mulia akan menjadi sia-sia dan membawa kehancuran. Kemerosotan perilaku akhlak disebabkan oleh kurangnya pendidikan yang diberikan orang tua sejak kecil.Ideal pendidikan akhlak diberikan usia sejak dini dengan bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak. Pembentukan akhlak untuk anak sudah sejatinya sudah menjadi perhatian para ulama atau ilmuan islam. Perhatian ulama terhadap pendidikan yakni tampak pada kitab Al-Akhlak Al-Banat karya syaikh Umar bin Ahmad Baradja, yang menjadi rumusan masalah penelititian ini yaitu “ Bagaimana nilai nilai pendidikan akhlak dam kitab Al-akhlak Al-banat dan bagaimana relevansi nilai nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-akhlak Al-banat sebagai sumber pembelajaran. Dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, ustadzah dan santri pondok pesantren abu dzarrin putri. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah memeriksa kelengkapan data,memeriksa kualitas data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekankeabsahan data menggunakan kreadibility,trianggulasi, dan memperpanjang pengamatan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah : (1) nilai nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Al-Banat: akhlak kepada Allah, kepada manusia, kepada alam semesta. (2) relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Al-Banat sebagai sumber pembelajaran di pondok pesantren abu dzarrin dander bojonego.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak dan Kitab Al-Akhlak Al-Banat
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai > 297.511 Akhlak Berdasarkan Naqli
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siti rohmatul khoir
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:33
Last Modified: 06 Oct 2022 08:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Miftah, Zaini
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Shofiyyudin, Ahmad
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item
View Item