NAJA, NANA ZUMROTUN (2019) PENGARUH PROGRAM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK DI MINU UNGGULAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (20kB)
BAB I.pdf
Download (319kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (442kB) | Request a copy
Lampiran.pdf
Download (256kB)
Abstract
Program full day school merupakan program pendidikan yang sudah banyak diterapkan lembaga pendidikan. MINU Unggulan Bojonegoro merupakan lembaga yang sudah menerapkan program full day school sejak tahun 2007. Full day school mengharuskan sekolah merancang perencanaan pembelajaran dari pagi hingga sore, sehingga siswa dapat memanfaatkan waktunya sebaik mungkin di sekolah. Dengan lamanya siswa di sekolah, akan ada banyak hal yang terpengaruh salah satunya perkembangan emosi, karena anak cenderung menunjukkan perasaan negatifnya kepada teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh program full day school terhadap perkembangan emosi anak di MINU Unggulan Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: (1) program full day school, (2) perkembangan emosi anak, (3) pengaruh full day school terhadap perkembangan emosi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Sebagai bagian dari angket 30 siswa menjadi sampel dari populasi sebanyak 157 siswa MINU Unggulan Bojonegoro. Selanjutya untuk mengetahui pengaruh program full day school terhadap psikologi perkembangan emosi anak di MINU Unggulan Bojonegoro penelitian menggunakan metode analisis statistik product moment dengan taraf signifikasi 5% yaitu 0,361. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program full day school di MINU Unggulan Bojonegoro sudah berjalan dengan baik. Terbukti dari lamanya sekolah menggunakan program ini; (2) perkembangan emosi siswa di MINU Unggulan terbilang baik, karena mereka dapat bergaul dengan sesama teman; (3) program full day school memberikan pengaruh yang signifikan bagi perkembangan emosi anak. Hal ini terbukti dari membandingkan = 0,680 dengan rtabel = 0,361, maka dapat diketahui > rtabel = 0,680 > 0,361 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Full Day School, Perkembangan Emosi |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 21:27 |
Last Modified: | 16 Oct 2022 11:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/146 |