AMANAH, FILAYATI NUR (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) ROUDLOH SEMAMBUNG, KANOR, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (557kB)
Awalan.pdf
Download (789kB)
BAB I.pdf
Download (865kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (816kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (612kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (699kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Pada Mata Pelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. Era saat ini, di seluruh dunia pendidikan telah digemparkan oleh turunnya semangat belajar, tidak ketinggalan juga di lingkungan daerah saya.. Yakni bagian dari siswa beranggapan belajar itu sangat membosankan hingga akhirnya berdampak bagi siswa seperti halnya siswa tidak konsentrasi ketika pelajaran, siswa sering menggambar dibuku (coret-coret buku), siswa tidur, siswa bolos, serta siswa mencari kesibukan sendiri ketika proses belajar sedang berjalan. Hal ini dapat mengganggu sistem pembelajaran, hingga mengakibatkan turunnya hasil belajar siswa, sehingga dapat menghancurkan masa depan siswa serta cita‑ cita siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Menjelaskan penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. (2) Menjelaskan hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro. (3) Menjelaskan efektifitas model pembelajaran Group Investigation pada hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Variabel (X), sedangkan variabel terikatnya adalah Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Variabel (X), Terhadap Hasil Belajar Variabel (Y) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan hasil nilai UH siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang ditabelkan secara sistematis dengan menggunakan rumus teknik analisis data korelasi product moment.Hasil perhitungan koefisien korelasi antara variabel model pembelajaran Group Investigation (X) dengan variabel hasil belajar mata pelajaran Fikih (Y) diperoleh nilai r hitung sebesar = 0,347. Demikian jika dibandingkan nilai r hitung dengan nilai tabel, dengan mengambil taraf signifikansi 5%, maka terdapat hasil nilai r hitung > r tabel = (0,347 > 0,291). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada interpretasi koefisien korelasi nilai r diatas, maka nilai korelasi tersebut dapat dikategorikan “Rendah” tingkat pengaruhnya. Berdasarkan hasil teknik analisis data di atas maka dapat dinyatakan bahwa ada korelasi efektivitas model pembelajaran Group Investigation pada hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa di MTs Roudloh Semambung, Kanor, Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation , Hasil Belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FILAYATI NUR AMANAH |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 01:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 01:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA’ARIF, JAUHARUL UNSPECIFIED Thesis advisor ULFA, ULFA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1439 |