An Analysis of Common Errors in ESL Descriptive Writing Texts among Junior High School Students in Bojonegoro

RAHAYU, SRI (2022) An Analysis of Common Errors in ESL Descriptive Writing Texts among Junior High School Students in Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4 .pdf] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai. Perbedaan struktur tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris seringkali menimbulkan kesalahan dalam penulisan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan pertanyaan penelitian “apa saja kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menulis teks deskriptif selama pembelajaran online?, dan “Apa faktor kesalahan dalam teks deskriptif mereka selama pembelajaran online?. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan instrumen tes, observasi, dan wawancara. Adapun tes, diolah dalam bentuk dokumen analitis, untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor satu. Sedangkan observasi yang dimaksud adalah observasi dokumen hasil tes, yaitu dokumen analisis. Observasi dan wawancara digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor dua. Pada tes yang telah dilakukan, peneliti menemukan beberapa kesalahan dalam penulisan siswa, yaitu omission, misformation, dan misordering. Pada ketiga jenis tersebut, kelalaian merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu 52. Adapun kesalahan secara umum, peneliti menemukan banyak kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Dimana siswa sering lupa menggunakan huruf kapital setelah tanda titik dan sebagainya. Kapitalisasi menempati kesalahan tertinggi sebanyak 46%. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, peneliti menyimpulkan, bahwa kurangnya fokus siswa dan cara penyampaian materi dapat menyebabkan kesalahan. Oleh karena itu, ketelitian sangat dibutuhkan dalam pembelajaran khususnya dalam menulis.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penulisan, Kesalahan, Faktor Kesalahan
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Sri Rahayu
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:05
Last Modified: 30 Sep 2022 02:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FATONI, MOHAMMAD
UNSPECIFIED
Thesis advisor
ZUMRUDIANA, AINU
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item
View Item