RAHAYU, SRI (2022) An Analysis of Common Errors in ESL Descriptive Writing Texts among Junior High School Students in Bojonegoro. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (442kB)
AWALAN.pdf
Download (997kB)
BAB 1.pdf
Download (615kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (790kB) | Request a copy
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB) | Request a copy
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only
Download (750kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (415kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (641kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai. Perbedaan struktur tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris seringkali menimbulkan kesalahan dalam penulisan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan pertanyaan penelitian “apa saja kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menulis teks deskriptif selama pembelajaran online?, dan “Apa faktor kesalahan dalam teks deskriptif mereka selama pembelajaran online?. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan instrumen tes, observasi, dan wawancara. Adapun tes, diolah dalam bentuk dokumen analitis, untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor satu. Sedangkan observasi yang dimaksud adalah observasi dokumen hasil tes, yaitu dokumen analisis. Observasi dan wawancara digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian nomor dua. Pada tes yang telah dilakukan, peneliti menemukan beberapa kesalahan dalam penulisan siswa, yaitu omission, misformation, dan misordering. Pada ketiga jenis tersebut, kelalaian merupakan salah satu kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu 52. Adapun kesalahan secara umum, peneliti menemukan banyak kesalahan dalam penggunaan huruf kapital. Dimana siswa sering lupa menggunakan huruf kapital setelah tanda titik dan sebagainya. Kapitalisasi menempati kesalahan tertinggi sebanyak 46%. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, peneliti menyimpulkan, bahwa kurangnya fokus siswa dan cara penyampaian materi dapat menyebabkan kesalahan. Oleh karena itu, ketelitian sangat dibutuhkan dalam pembelajaran khususnya dalam menulis.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penulisan, Kesalahan, Faktor Kesalahan |
Subjects: | 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sri Rahayu |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:05 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FATONI, MOHAMMAD UNSPECIFIED Thesis advisor ZUMRUDIANA, AINU UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1404 |