ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI PECAHAN PADA SOAL CERITA

Hidayati, Nur (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MATERI PECAHAN PADA SOAL CERITA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Semakin banyak kesalahan yang dilakan maka nilai yang didapat juga semakin rendah. Oleh karena itu, untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa maka perlu dilakukannya analisis kesalahan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan materi pecahan pada soal cerita. Untuk mengetahui jenis kesalahan siswa menggunakan prosedur kesalahan Newman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Padangan, dengan pemilihan siswa kelas VII F yang berkemampuan sedang paling atas dan paling bawah serta berkemampuan rendah paling atas dan paling bawah sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan tes, wawancara, dan analisis rubrik indikator kesalahan siswa. Tahap analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek berkemampuan sedang paling atas dan paling bawah, subjek berkemampuan rendah paling atas yaitu kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan sedang yaitu kesalahan mentransformasikan masalah (Transformation Errors) dan jenis kesalahan yang dilakukan subjek berkemampuan rendah paling bawah yaitu kesalahan membaca masalah (Reading Errors).

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesahaan, Pecahan, Soal Cerita
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Hidayati
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:31
Last Modified: 29 Sep 2022 01:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Sari, Astrid Chandra
astridchandra05@unugiri.ac.id
Thesis advisor
Ismanto, Ismanto
hadi.ismanto0910@gmail.com
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item
View Item