PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MTs SUNAN BONANG DESA SUCIHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN

MUKAROMAH, ELVI (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MTs SUNAN BONANG DESA SUCIHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover Skripsi.pdf] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Awalan Skripsi.pdf] Text
Awalan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I Skripsi.pdf] Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of BAB II Skripsi.pdf] Text
BAB II Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III Skripsi.pdf] Text
BAB III Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV Skripsi.pdf] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V Skripsi.pdf] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Skripsi.pdf] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Lampiran Skripsi.pdf] Text
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru merupakan orang yang tugasnya merencanakan dan melakukan proses pembelajaran, yang memiliki peranan besar dalam membentuk sumber daya manusia. Namun, ada problem yang dialami siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sunan Bonang yaitu sebagian siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru, minat belajar siswa kurang, dan siswa ramai sendiri di kelas. Guru mengalami masalah dalam penggunaan media dan sering menggunakan metode ceramah yang berdampak siswa mengantuk dan tidak semangat untuk belajar. Selain itu, juga kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang dilakukan oleh guru melalui persiapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2) problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang adalah problem guru, problem siswa, dan problem sarana dan prasarana, (3) upaya guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang yaitu: guru akan menggunakan metode yang bervariasi, lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran, harus pandai mengatur strategi agar dapat menarik minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, selalu berusaha memberikan bimbingan, arahan, dan dorongan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan akan memaksimalkan pelayanan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elvi Mukaromah
Date Deposited: 28 Sep 2022 09:02
Last Modified: 28 Sep 2022 09:02
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item
View Item