MUKAROMAH, ELVI (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA DI MTs SUNAN BONANG DESA SUCIHARJO KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover Skripsi.pdf
Download (266kB)
Awalan Skripsi.pdf
Download (1MB)
BAB I Skripsi.pdf
Download (399kB)
BAB II Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (567kB) | Request a copy
BAB III Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB) | Request a copy
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (629kB) | Request a copy
BAB V Skripsi.pdf
Download (258kB)
Daftar Pustaka Skripsi.pdf
Download (396kB)
Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Guru merupakan orang yang tugasnya merencanakan dan melakukan proses pembelajaran, yang memiliki peranan besar dalam membentuk sumber daya manusia. Namun, ada problem yang dialami siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sunan Bonang yaitu sebagian siswa kurang memahami apa yang disampaikan oleh guru, minat belajar siswa kurang, dan siswa ramai sendiri di kelas. Guru mengalami masalah dalam penggunaan media dan sering menggunakan metode ceramah yang berdampak siswa mengantuk dan tidak semangat untuk belajar. Selain itu, juga kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang dilakukan oleh guru melalui persiapan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2) problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang adalah problem guru, problem siswa, dan problem sarana dan prasarana, (3) upaya guru untuk mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa di MTs Sunan Bonang yaitu: guru akan menggunakan metode yang bervariasi, lebih kreatif dalam membuat media pembelajaran, harus pandai mengatur strategi agar dapat menarik minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, selalu berusaha memberikan bimbingan, arahan, dan dorongan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan akan memaksimalkan pelayanan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Elvi Mukaromah |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 09:02 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 09:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED Thesis advisor Fauziah, Zumrotul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1378 |