Hidayah, Alifia Nur (2022) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TAUHIDIYAH 1 BUBULAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (351kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (349kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (444kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemampuan komunikasi guru sebagai alat interaksi antara guru dan siswa, yang mana tugas guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Disinilah para guru dituntut untuk dapat membangun interaksi sebaik mungkin dengan siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan selalu memotivasi siswa untuk terus belajar. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki keterampilan berkomunikasi agar dapat melaksanakan tugasnya secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi guru Sejarah Kebudayaan Islam, untuk mengetahui hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah korelasi Product moment. Hasil perhitungan uji korelasi pada variabel kemampuan komunikasi dengan hasil belajar menggunakan program SPSS for windows 22.0 maka diperoleh hasil yaitu rhitung= 0,438 yang berada pada interval 0,40 - 0,599 dengan tingkat hubungan cukup. Hasil pengujian korelasi diperoleh rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,438 > 0,361 dengan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTs Tauhidiyah 1 Bubulan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alifia Nur Hidayah |
Date Deposited: | 19 Oct 2022 06:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2022 06:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Ma'arif, M. Jauharul UNSPECIFIED UNSPECIFIED Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1361 |