IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PELAJARAN FIQIH SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-HAROMAIN LEDOK WETAN BOJONEGORO

QORIANA, INTAN MAULIDA (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELECTUALLY) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA PELAJARAN FIQIH SANTRI MADRASAH DINIYAH AL-HAROMAIN LEDOK WETAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of SAMPUL.pdf] Text
SAMPUL.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy

Abstract

Minat Belajar merupakan dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang yang muncul dan tumbuh secara sukarela atau dengan tanpa ada paksaan. Begitu juga dengan minat belajar akan mendororng santri untuk lebih memahami pelajaran sehingga akan menghasilkan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis santri. Adanya kemampuan berfikir kritis ini sangatlah penting, terutama ketika mempelajari pelajaran agama seperti fiqih yang berhubungan dengan ibadah, muamalah maupun lainnya. Seluruh siswa di Madrasah Diniyah Al-Haromain adalah santri. Titik permasalahannya adalah minat belajar fiqih santri madrasah diniyah yang dulunya pembelajaran berpusat pada guru atau metode ceramah mengakibatkan kurangnya minat belajar serta pola pikir kritis yang rendah pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran SAVI serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berfikir kritis santri Al-Haromain Ledok Wetan Bojonegoro. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, yaitu penelitian dimaksudkan untuk melukiskan, menggambarkan, atau memaparkan objek yang diteliti sebagaimana adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitian dilakukan di madrasah diniyah Al-Haromain Ledok Wetan Bojonegoro. Hasil yang diperoleh Pengimplementasian model pembelajaran SAVI dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berfikir kritis santri Madrasah Diniyah Al-Haromain Ledok Wetan Bojonegoro dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu (1)tahap persiapan, (2)tahap penyampaian., (3)tahap pelatihan, (4)tahap evaluasi. Faktor penghambat yaitu kesulitan dalam memahami karakter santri, keterbatasan waktu, kelengkapan media, biaya. Faktor pendukung yaitu skil guru, motivasi guru terhadap santri.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Minat Belajar, Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: INTAN MAULIDA QORIANA
Date Deposited: 18 Oct 2022 07:53
Last Modified: 18 Oct 2022 07:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOCH
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item
View Item