ADZIM, M. AINUN FADLIL (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI'UL FALAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (406kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (466kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (516kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (831kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (669kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (547kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi pendidikan tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan entrepreneurship. Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan entrepreneurship yang dituangkan dalam pembelajaran fiqih Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban, guru fiqih terlebih dahulu akan mempersiapkan dan memilih metode pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran. Internalisasi nilai-nilai entrepreneurship lebih diprioritaskan terhadap bab konsep ekonomi Islam, konsep muamalah dalam Islam, riba bank dan asuransi. Nilai-nilai entrepreneurship yang diinternalisasikan dalam pembelajaran fiqih kelas X Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah meliputi: Jujur, optimis, disiplin, tanggung jawab, kepemimpinan, kerjasama, santun, responsif, proaktif, percaya diri, berani mengambil resiko, mandiri, kreatif dan inovatif (2) Pengaruh implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban cukup efektif, meskipun terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki (3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban adalah kebijakan pemerintah dalam kurikulum, support lingkungan sekitar dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah modal, kurangnya semangat belajar peserta didik dan pengaruh pergaulan yang buruk.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi, pembelajaran fiqih, entrepreneurship |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Ainun Fadlil Adzim |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:27 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:27 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi UNSPECIFIED Thesis advisor Nihayah, Hamidatun UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1349 |