IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI'UL FALAH SIMO SOKO TUBAN

ADZIM, M. AINUN FADLIL (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS ENTREPRENEURSHIP KELAS X DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI'UL FALAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi pendidikan tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan entrepreneurship. Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan entrepreneurship yang dituangkan dalam pembelajaran fiqih Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban, guru fiqih terlebih dahulu akan mempersiapkan dan memilih metode pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran. Internalisasi nilai-nilai entrepreneurship lebih diprioritaskan terhadap bab konsep ekonomi Islam, konsep muamalah dalam Islam, riba bank dan asuransi. Nilai-nilai entrepreneurship yang diinternalisasikan dalam pembelajaran fiqih kelas X Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah meliputi: Jujur, optimis, disiplin, tanggung jawab, kepemimpinan, kerjasama, santun, responsif, proaktif, percaya diri, berani mengambil resiko, mandiri, kreatif dan inovatif (2) Pengaruh implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban cukup efektif, meskipun terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki (3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran fiqih berbasis entrepreneurship kelas X di Madrasah Aliyah Matholi’ul Falah Simo Soko Tuban adalah kebijakan pemerintah dalam kurikulum, support lingkungan sekitar dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah modal, kurangnya semangat belajar peserta didik dan pengaruh pergaulan yang buruk.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran fiqih, entrepreneurship
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Ainun Fadlil Adzim
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:27
Last Modified: 27 Sep 2022 07:27
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item
View Item