IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK PSIKOMOTRIK SISWA KELAS VIII SMP DARUL ULUM WARU SIDOARJO

EMILIA, RODHOTUL (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASPEK PSIKOMOTRIK SISWA KELAS VIII SMP DARUL ULUM WARU SIDOARJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy

Abstract

Fiqih merupakan pelajaran yang bersifat praktis yang harus diterapkan dengan baik ketika seseorang melasanakan ibadah mahdlah kepada Allah dan ghairu mahdlah yang berupa ibadah sosial. Dalam proses pembelajaran perlu dilakukan secara inovatif untuk menghindari kebosanan. Guru Fiqih di SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo menerapkan pembelajaran discovery learning. Penelitian ini hendak mengungkat implementasinya dengan merumusakan masalah (1) Bagaimanakah penerapan discovery learning pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo, dan (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa aspek psikomotorik setelah melalui model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan discovery learning pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo, dan (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa aspek psikomotorik setelah melalui model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo. Untuk menjawab rumusan masalah dan mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi, di mana peneliti ingin mengungkap fenomena tentang implementasi pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo ialah dengan beberapa tahapan, yakni guru menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan stimulus kepada siswa dalam merancang permasalahan, membagi siswa kedalam kelompok, memberi tugas presentasi, dan guru menarik kesimpulan. Dengan penerapan discovery learning pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo hasil belajar terlihat pada tiga hal, yaitu siswa berfikir kritis, motivasi belajar yang tinggi, dan mampu menerapkan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, discovery learning, hasil belajar
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rodhotul Emilia
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:14
Last Modified: 05 Oct 2022 06:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
MINARTI, SRI
sri.arti10@gmail.com
UNSPECIFIED
ANISAH, GIATI
giatianisah@gmail.com
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item
View Item