Aeni, Irfa Nur (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PELAJARAN PAI MATERI MENITI HIDUP DENGAN KEMULIAAN DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 RENGEL. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover Irfa Nur Aeni.pdf
Download (434kB)
Awalan Irfa Nur Aeni.pdf
Download (1MB)
BAB I Irfa Nur Aeni.pdf
Download (463kB)
BAB II Irfa Nur Aeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB) | Request a copy
BAB III Irfa Nur Aeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (572kB) | Request a copy
BAB IV Irfa Nur Aeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (918kB) | Request a copy
BAB V Irfa Nur Aeni.pdf
Download (293kB)
Daftar Pustaka Irfa Nur Aeni.pdf
Download (526kB)
Lampiran Irfa Nur Aeni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kemajuan pada masa modern menuntut berbagai keterampilan termasuk pada bidang pendidikan. Peserta didik dituntut memiliki berbagai keterampilan pada setiap proses pembelajaran termasuk didalamnya keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif diperlukan agar peserta didik mampu berpikir luas terkait mata pelajaran yang diajarkan terlebih pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Think Talk Write terdapat keterampilan berpikir kreatif pada pelajaran PAI materi meniti hidup dengan kemuliaan siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Rengel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, sedangkan desain One-Group Pre Test Post Test Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampelnya ialah 17 peserta didik kelas eksperimen dan 17 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes yaitu pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan ialah uji coba instrumen dan uji analisis data.
Pada uji statistik inferensial dengan menggunakan dengan bantuan SPSS versi 24 pada nilai Posttest XY diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 maka hasil yang diperoleh adalah Ho ditolak dan Ha diterima. dengan demikian hasil posttest XY menunjukkan ada pengaruh signifikan metode Cooperative Learning Tipe Think Talk Write terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil uji N-Gain berbeda Perhitungan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score adalah sebesar 11,2068 atau 11,3% termasuk dalam kategori efektif dengan nilai N-gain score minimal 0,0% dan maksimal 20,24%.Maka dari perhitungan N-Gain penggunaan metode Cooperative Learning efektif untuk meningkatkan kreatifitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Think Talk Write, Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Irfa Nur Aeni |
Date Deposited: | 24 Sep 2022 02:54 |
Last Modified: | 24 Sep 2022 02:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Anisah, Giati UNSPECIFIED Thesis advisor Sa'diyah, Zumrotus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1271 |