KHARISMA, NIA (2022) IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
coverrepo.pdf
Download (484kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (649kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (837kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (479kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (503kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu meminimalisir kesulitan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik menurun. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru mata pelajaran fiqih dan 35 peserta didik. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk mempermudah peneliti mendapatkan gambaran secara jelas dari data yang diperoleh, penyajian data untuk memudahkan peneliti memahami apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan, penarikan kesimpulan untuk mendapatkan hasil akhir penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) implementasi metode Example Non Example di MTsN 3 Bojonegoro berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) sarana dan prasarana kurang memadai, (3) hasil evaluasi pembelajaran fiqih menggunakan metode Example Non Example mengalami peningkatan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Example Non Example, Berpikir Kritis, Peserta Didik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nia Kharisma |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 06:10 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 06:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su'udin UNSPECIFIED Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1220 |