IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 BOJONEGORO

KHARISMA, NIA (2022) IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of coverrepo.pdf] Text
coverrepo.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu meminimalisir kesulitan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik menurun. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru mata pelajaran fiqih dan 35 peserta didik. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk mempermudah peneliti mendapatkan gambaran secara jelas dari data yang diperoleh, penyajian data untuk memudahkan peneliti memahami apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan, penarikan kesimpulan untuk mendapatkan hasil akhir penelitian. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) implementasi metode Example Non Example di MTsN 3 Bojonegoro berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) sarana dan prasarana kurang memadai, (3) hasil evaluasi pembelajaran fiqih menggunakan metode Example Non Example mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Example Non Example, Berpikir Kritis, Peserta Didik
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nia Kharisma
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:10
Last Modified: 22 Sep 2022 06:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sholahuddin, Agus Moh
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item
View Item