Erwinda, Erwinda (2022) KOMPETENSI PEDADOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL ISLAMIYAH DESA MAINDU KECAMATAN MONTONG KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (402kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (588kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (677kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (360kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (563kB)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat ditentukan pada pengembangan yang mengarah ke masa depan karena pendidikan yang dilakukan di masa kecil akan membekas dengan sangat baik. Dalam hal ini, guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar sehingga masa golden age anak tidak sia-sia. Guru harus menjadi sosok yang kreatif agar dapat mendidik anak usia dini dengan berbagai pembelajaran yang inovatif. Kompetensi pedagogik guru PAUD adalah keterampilan dalam manajemen proses belajar mengajar anak yang dibutuhkan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru yang mengajar anak usia dini di RA Miftahul Islamiyah Tuban. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model pendekatan deskriptif dan tergolong penelitian jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahul Islamiyah yang berlokasi di Desa Maindu Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru masih kurang, ditandai dengan kurangnya kompetensi guru dalam mengelola kelas, permainan yang digunakan guru belum bisa meningkatkan hasil belajar, guru kurang memperhatikan anak dan cenderung bercerita sendiri. Faktor pendukung dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru antara lain semangat dalam menjalankan tugasnya, tingkat pendidikan, intelektual, prasarana, dan supervisi kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya semangat menjalankan tugasnya, tingkat pendidikan yang kurang ditempuh oleh guru, kurangnya pengalaman pelatihan dan pendidikan, kurangnya sarana prasarana yang kurang memadai, dan Kepala sekolah yang kurang memperhatikan guru pendidik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, guru, anak usia dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ER WINDA |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 07:59 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 07:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA UNSPECIFIED Thesis advisor PUSPITASARI, ENDANG UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1216 |