KOMPETENSI PEDADOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL ISLAMIYAH DESA MAINDU KECAMATAN MONTONG KABUPATEN TUBAN

Erwinda, Erwinda (2022) KOMPETENSI PEDADOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL MIFTAHUL ISLAMIYAH DESA MAINDU KECAMATAN MONTONG KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat ditentukan pada pengembangan yang mengarah ke masa depan karena pendidikan yang dilakukan di masa kecil akan membekas dengan sangat baik. Dalam hal ini, guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar sehingga masa golden age anak tidak sia-sia. Guru harus menjadi sosok yang kreatif agar dapat mendidik anak usia dini dengan berbagai pembelajaran yang inovatif. Kompetensi pedagogik guru PAUD adalah keterampilan dalam manajemen proses belajar mengajar anak yang dibutuhkan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru yang mengajar anak usia dini di RA Miftahul Islamiyah Tuban. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model pendekatan deskriptif dan tergolong penelitian jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan di RA Miftahul Islamiyah yang berlokasi di Desa Maindu Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru masih kurang, ditandai dengan kurangnya kompetensi guru dalam mengelola kelas, permainan yang digunakan guru belum bisa meningkatkan hasil belajar, guru kurang memperhatikan anak dan cenderung bercerita sendiri. Faktor pendukung dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru antara lain semangat dalam menjalankan tugasnya, tingkat pendidikan, intelektual, prasarana, dan supervisi kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya semangat menjalankan tugasnya, tingkat pendidikan yang kurang ditempuh oleh guru, kurangnya pengalaman pelatihan dan pendidikan, kurangnya sarana prasarana yang kurang memadai, dan Kepala sekolah yang kurang memperhatikan guru pendidik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, guru, anak usia dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ER WINDA
Date Deposited: 21 Sep 2022 07:59
Last Modified: 21 Sep 2022 07:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
UNSPECIFIED
Thesis advisor
PUSPITASARI, ENDANG
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item
View Item