AHDA, AUVINAL (2022) IMPLEMENTASI METODE YAHQI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH DINIYAH AL-UBAIDILLAH SAMBIROTO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (482kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (489kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (748kB) | Request a copy
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Download (395kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (456kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu hal mulia yang tidak semua orang mampu melakukannya. Seseorang yang menghafal Al-Qur’an telah dijanjikan kenikmatan di dunia maupun di akhirat kelak oleh Allah SWT. Dalam sebuah proses pembelajaran, tentu ada sebuah metode yang yang digunakan guna mencapai keberhasilan dalam pembelajaran tersebut. Madrasah Diniyah Al-Ubaidillah merupakan sebuah Madrasah Diniyah dibawah naungan Yayasan Mbah Abdullah yang terletak di Desa Sambiroto, tepatnya Rt.05 Rw.01 Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. dimana madrasah diniyah tersebut mempu menjawab tantangan masyarakat untuk menghasilkan anak-anak hebat yang mampu menghafal Al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode yahqi yaitu metode yang kreatif, inovatif, dan komprehensif. Metode yahqi ini disusun oleh M. Wahyudi dan di tashih oleh Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA (Al-hafidz) yang merupakan pemegang sanad muttasil sampai Rosulullah SAW. dan pendiri organisasi Tahfidz Al-Qur’an Internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan atau triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Informan penelitian yaitu pengasuh Madrasah Diniyah Al-Ubaidillah, tenaga pendidik, peserta didik, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran metode yahqi dalam hafalan peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Ubaidillah adalah sebagai salah satu motivasi ekstrinsik yang mampu menjadi pendorong peserta didik untuk lebih giat dalam menghafalkan Al-Qur’an. 2) Yang menjadi faktor pendukung implementasi metode yahqi di Madrasah Diniyah Al-Ubaidillah Sambiroto adalah adanya guru yang kompeten, waktu pembelajaran yang cukup, semangat para peserta didik, dan juga sarana dan prasarana yang nyaman. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah suasana hati peserta didik yang berubah-ubah dan adanya peserta didik baru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Yahqi, Motivasi, dan Menghafal Al-Qur’an Juz 30 |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Auvinal Ahda |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 04:41 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 04:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NISA', IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED Thesis advisor ISROANI, FARIDA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1166 |