IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 SUGIHWARAS

AFRIDA, SHINTA NURMALIA (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTIK BERPASANGAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 1 SUGIHWARAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 2 AWALAN.pdf] Text
2 AWALAN.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 4 BAB II.pdf] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of 5 BAB III.pdf] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of 6 BAB IV.pdf] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of 7 BAB V.pdf] Text
7 BAB V.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 9 LAMPIRAN.pdf] Text
9 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras. Penurunan hasil belajar ini, disebabkan oleh keterbatasan guru dalam pengembangan model pembelajaran aktif. Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras masih menggunakan model pembelajaran klasik sehingga membuat siswa menjadi bosan karena hanya menjadi audiens saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengenai implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berbasangan) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian kualitatif dilaksanakan untuk membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro dengan jumlah siswa sebanyak 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs pada mata pelajaran PAI diterapkan melalui tiga tahapan, yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi. (2) Berdasarkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah dterapkannya model pembelajaran practice rehearsal pairs mengalami peningkatan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) memberikan dampak positif terhadap pembelajaran siswa di dalam kelas serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sugihwaras.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, practice rehearsal pairs (praktik berpasangan), hasil belajar, PAI
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shinta Nurmalia Afrida
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:28
Last Modified: 16 Sep 2022 01:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item
View Item