IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK DALAM MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs TARBIYATUL ISLAM SOKO

MUTMAINAH, NURUL (2022) IMPLEMENTASI MEDIA BIG BOOK DALAM MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs TARBIYATUL ISLAM SOKO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 2 AWALAN.pdf] Text
2 AWALAN.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 4 BAB II.pdf] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[thumbnail of 5 BAB III.pdf] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of 6 BAB IV.pdf] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of 7 BAB V.pdf] Text
7 BAB V.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan. Perubahan ini terjadi pada tahun 2019 karena adanya virus mematikan dari China yang disebut Covid-19. Sejak keluarnya Surat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020, selama penyebaran Covid-19 pelaksanaan pembelajaran sekolah dilaksanakan secara online. Teknologi Berdasarkan riset yang dilakukan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan (Kemendikbudristek), pandemi Covid-19 telah menimbulkan kehilangan pembelajaran (learning loss) literasi dan numerasi yang signifikan. Kemendikbudristek kemudian menyusun Kurikulum Prootipe sebagai bagian dari kurikulum nasional untuk mendorong pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 penting dilakukan untuk mengurangi dalam kehilangan pembelajaran. Untuk mengembalikan semangat belajar siswa pasca pandemi, guru harus memilih media yang tepat untuk membuat siswa kembali semangat dan juga menambah fokus belajar. Salah satu yang digunakan untuk membangkitkan semangat dan menambah fokus siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang baru yaitu media big book. Peneliti menggunakan metode kualitatif desktiptif. Data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur dan mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala MTs Tarbiyatul Islam Soko, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semangat belajar siswa pasca pandemi mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu terlalu lama pembelajaran daring, tidak tertarik dengan metode pembelajaran dan tidak menggunakan media apapun saat pembelajaran. Sedangkan upaya guru dalam mengembalikan semangat belajar siswa pasca pandemi adalah dengan memadukan antara metode ceramah dengan media big book. Akhirnya pembelajaran menjadi lebih efektif, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya literasi siswa dan meningkatnya kreativitas siswa dalam berimajinasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, media big book, semangat belajar, pasca pandemi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Mutmainah
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:16
Last Modified: 15 Sep 2022 09:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Anwar, Saeful
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item
View Item