ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYA' 'ULUM AL-DIN KARYA IMAM AL-GAZALY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MAULANA, AHMAD (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYA' 'ULUM AL-DIN KARYA IMAM AL-GAZALY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (848kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Lamiran.pdf] Text
Lamiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pembinaan dan bimbingan yang dilakukan seseorang secara berkesinambungan terhadap anak didik untuk terlaksananya tujuan pendidikan yang membutuhkan proses yang takpernah usai sepanjang hidup manusia dan hal yang sangat penting atau berarti bagi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din karya Imam Al-Gazaly dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din dengan pendidikan Islam. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan termasuk kategori penelitian kualitatif kajian pustaka (library research) yaitu Penelitian yang dilakukan di perpustakaan dengan menjadikan buku, artikel ilmiyah, dokumen dan semacamnya sebagai sumber data sekunder, dan kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din karya Imam Al-Gazaly sebagai sumber data primer, kemudian mendeskripsikan analisis penelitiannya dengan kata-kata dan kalimat terperinci serta relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din khususnya pada Juz 1 Bab Ilmu yang penulis temukan adalah sebagai berikut: Nilai-nilai pendidikan karakter Religius, jujur, toleransi, tanggung jawab, sabar, santun , rasa ingin tahu, dermawan, gemar membaca. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din Juz 1 Bab Ilmu yang telah disebutkan peneliti di atas sangat relevan dengan konteks Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut disebabkan karena kisah yang menarik serta agungnya nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya sejalan dengan ajaran Pendidikan Agama Islam khususnya lembaga pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kisah-kisah Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Relevansi Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Maulana
Date Deposited: 14 Sep 2022 16:12
Last Modified: 14 Sep 2022 16:12
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma'arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Aziz, Su'udin
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item
View Item