MAULANA, AHMAD (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB IHYA' 'ULUM AL-DIN KARYA IMAM AL-GAZALY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (826kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (964kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (974kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (928kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (848kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (923kB)
Lamiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan suatu pembinaan dan bimbingan yang dilakukan seseorang secara berkesinambungan terhadap anak didik untuk terlaksananya tujuan pendidikan yang membutuhkan proses yang takpernah usai sepanjang hidup manusia dan hal yang sangat penting atau berarti bagi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din karya Imam Al-Gazaly dan mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din dengan pendidikan Islam. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang dilakukan termasuk kategori penelitian kualitatif kajian pustaka (library research) yaitu Penelitian yang dilakukan di perpustakaan dengan menjadikan buku, artikel ilmiyah, dokumen dan semacamnya sebagai sumber data sekunder, dan kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din karya Imam Al-Gazaly sebagai sumber data primer, kemudian mendeskripsikan analisis penelitiannya dengan kata-kata dan kalimat terperinci serta relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din khususnya pada Juz 1 Bab Ilmu yang penulis temukan adalah sebagai berikut: Nilai-nilai pendidikan karakter Religius, jujur, toleransi, tanggung jawab, sabar, santun , rasa ingin tahu, dermawan, gemar membaca. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din Juz 1 Bab Ilmu yang telah disebutkan peneliti di atas sangat relevan dengan konteks Pendidikan Agama Islam. Hal tersebut disebabkan karena kisah yang menarik serta agungnya nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya sejalan dengan ajaran Pendidikan Agama Islam khususnya lembaga pendidikan formal.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kisah-kisah Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Relevansi Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Maulana |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 16:12 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 16:12 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma'arif, M. Jauharul UNSPECIFIED Thesis advisor Aziz, Su'udin UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1152 |