HABIBATI, FIYA (2022) IMPLEMENTASI SISTEM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KEBERSAMAAN DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS TARBIYATUL ULUM PEKUWON RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (435kB)
Awalan setelah cover.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (947kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (621kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (408kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (626kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan yang terdapat di sekolah-sekolah formal maupun informal tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, namun juga bertujuan membentuk akhlak atau karakter peserta didiknya. Pendidikan karakter yang dapat membentuk kepribadian baik pada peserta didik, salah satu contohnya adalah kebersamaan, kemandirian dan kedisiplinan. dengan menerapkan karakter kebersamaan dan kedisiplinan di lingkungan sekolah, peserta didik akan menjadi individu yang berkualitas serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Salah satu upaya untuk mewujudkan terbentuknya karakter kebersamaan dan kedisiplinan di sekolah, adalah dengan membentuk sistem boarding school.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui implementasi sistem boarding school dalam membentuk kebersamaan dan kedisiplinan peserta didik di MTS Tarbiyatul Ulum Pekuwon. (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem boarding school dalam membentuk kebersamaan dan kedisiplinan peserta didik di MTS Tarbiyatul Ulum Pekuwon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan yang menyelidiki fenomena sosial dan langsung terjun ke lapangan, bertemu langsung dengan orang-orang, datang dan mendengar langsung tentang fenomena yang ada. penelitian ini menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan).
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implementasi sistem boarding school telah dilaksanakan kurang lebih selama dua tahun pembelajaran di MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon Rengel Tuban. Pengimplementasian sistem tersebut dilakukan untuk membentuk karakter kebersamaan dan kedisiplinan siswa di madrasah. (2) Faktor pendukung dari diterapkannya sistem boarding school adalah melalui kegiatan evaluasi yang rutin diterapkan hampir setiap bulannya. Kemudian, faktor penghambat dari adanya penerapan sistem boarding school ini ialah kurangnya adaptasi peserta didik terhadap sistem ini, sebab banyak peraturan yang berubah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Boarding School, Sikap Kebersamaan, Karakter Kedisiplinan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fiya Habibati |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 09:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 09:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED Thesis advisor Ulfa, Ulfa UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1151 |