INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU

RIANATA, LISA (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of AWALAN_WATERMAK.pdf] Text
AWALAN_WATERMAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.docx.pdf] Text
BAB I.docx.pdf

Download (928kB)
[thumbnail of BAB II.docx.pdf] Text
BAB II.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III watermark.pdf] Text
BAB III watermark.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.docx.pdf] Text
BAB V.docx.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of LAMPIRAAN.pdf] Text
LAMPIRAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bullying adalah perilaku sosial yang berdampak signifikan pada kehidupan seseorang, karena akan menggangu perkembangan psikologi korbannya. Seeorang yang melakukan bullying kemungkinan besar juga sekedar mengulangi apa yang pernah dia liat maupun dia alami. Begitulah bullying akan menjadi mata rantai yang tak akan berhenti. Meski bukan hal baru, bullying tetaplah sebagai suatu persoalan yang perlu dicegah.jenis Penelitian ini adalah lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan meode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneliti menunjukan bahwa :1. Bentuk-bentuk perilaku bullying di MTs Islahiyah Kalitidu yaitu kebanyakan termasuk jenis bullying verbal. 2. Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam menegah perilaku bullying di MTs Islahiyah kalitidu ini menggunakan Strategi Keteladanan (modelling), Strategi Pembiasaan, Strategi Ibrah dan Amtsal, Strategi Pemberian Nasihat, Strategi Pemberian Janji dan Ancaman (Targhib wa Tarhib) dan Strategi Kedisiplinan. 3. Hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying di MTs Islahiyah kalitidu dapat dilihat mempunyai keberhasilan dengan menggunakan strategi di atas perilaku peserta didik yang melakukan pelanggaran perlahan-lahan berubah. Kata Kunci : internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam, perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam, perilaku bullying.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisa Rianata
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:15
Last Modified: 01 Dec 2022 07:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rozi, Fahru
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item
View Item