PENGARUH PENERAPAN SOCRATIC METHOD DALAM ‎MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA ‎MATA PELAJARAN KHULAṢAH NURUL YAQIN DI ‎MADRASAH DINIYAH IRSYADUL MUBTADIIN ‎PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN

ULUM, M. FATKHUL (2022) PENGARUH PENERAPAN SOCRATIC METHOD DALAM ‎MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA ‎MATA PELAJARAN KHULAṢAH NURUL YAQIN DI ‎MADRASAH DINIYAH IRSYADUL MUBTADIIN ‎PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam ‎memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala ‎sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan ‎guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut ‎berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. ‎ Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya Keaktifan siswa ‎dalam proses pembelajaran Khulaṣah Nurul Yaqin pada Madrasah Diniyah ‎Irsyadul mubtadiin Prambontergayang Soko Tuban terlihat bahwa kurangnya ‎keaktifan siswa dalam menanggapi atau memberi jawaban atas petanyaan - ‎pertanyaan yang diajukan guru pada mereka yang akhirnya diadakanlah ‎metode mengajar ala socrated yang diharapkan mampu memberikan ‎perubahan yang signifikan dalam proses belajar mengajar khususnya di mata ‎pelajaran Khulaṣah Nurul Yaqin. ‎ Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin ‎Prambontergayang Soko Tuban, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ‎ini yang menjadi populasi adalah murid kelas 3 Diniyah dengan jumlah 180 ‎siswa, siswa kelas 3 sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan ‎angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan ‎product moment dilanjutkan dengan t hitung.‎ Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan ‎didapati bahwa Penerapan Socratic Method tergolong baik yaitu dengan nilai ‎observasi 3,44 dan prosentase hasil angket 66%. Hasil analisis untuk ‎Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan Penerapan Socratic ‎Method tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi keaktifan ‎belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67%. Untuk mengetahui keefektifan ‎teknik bertanya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari ‎hasil product moment dengan nilai 0,4385 tergolong adanya hubungan yang ‎cukup kuat, dilanjutkan t hitung dengan hasil 2,436 terbukti bahwa t hitung ‎lebih besar dari t tabel , atau 2,436 > 2,060, maka ada hubungan yang ‎signifikan. Jadi, Penerapan Socratic Method berpengaruh baik dalam ‎meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Khulaṣah Nurul ‎Yaqin di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin Prambontergayang Soko ‎Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerapan Socratic Method, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Fatkhul Ulum
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:58
Last Modified: 12 Sep 2022 07:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Affandi, Chafidz
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Habibullah, M. Romadlon
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item
View Item