ULUM, M. FATKHUL (2022) PENGARUH PENERAPAN SOCRATIC METHOD DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KHULAṢAH NURUL YAQIN DI MADRASAH DINIYAH IRSYADUL MUBTADIIN PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (438kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (5MB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (817kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (408kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (301kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB) | Request a copy
Abstract
Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini yang dilatarbelakangi kurangnya Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Khulaṣah Nurul Yaqin pada Madrasah Diniyah Irsyadul mubtadiin Prambontergayang Soko Tuban terlihat bahwa kurangnya keaktifan siswa dalam menanggapi atau memberi jawaban atas petanyaan - pertanyaan yang diajukan guru pada mereka yang akhirnya diadakanlah metode mengajar ala socrated yang diharapkan mampu memberikan perubahan yang signifikan dalam proses belajar mengajar khususnya di mata pelajaran Khulaṣah Nurul Yaqin. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin Prambontergayang Soko Tuban, jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah murid kelas 3 Diniyah dengan jumlah 180 siswa, siswa kelas 3 sebagai sampel observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan product moment dilanjutkan dengan t hitung. Berdasarkan analisis dalam proses pembelajaran selama dua pertemuan didapati bahwa Penerapan Socratic Method tergolong baik yaitu dengan nilai observasi 3,44 dan prosentase hasil angket 66%. Hasil analisis untuk Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan Penerapan Socratic Method tergolong baik karena dapat dilihat dari nilai observasi keaktifan belajar siswa 3,42 dan hasil angket 67%. Untuk mengetahui keefektifan teknik bertanya dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari hasil product moment dengan nilai 0,4385 tergolong adanya hubungan yang cukup kuat, dilanjutkan t hitung dengan hasil 2,436 terbukti bahwa t hitung lebih besar dari t tabel , atau 2,436 > 2,060, maka ada hubungan yang signifikan. Jadi, Penerapan Socratic Method berpengaruh baik dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Khulaṣah Nurul Yaqin di Madrasah Diniyah Irsyadul Mubtadiin Prambontergayang Soko Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Socratic Method, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Fatkhul Ulum |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 07:58 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 07:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Affandi, Chafidz UNSPECIFIED Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1124 |