PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA BERBASIS BUDAYA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH SAINS QURAN AR-RIDWAN SUKOREJO-BOJONEGORO

MUSTOFA, ANGGUN SABILA (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA BERBASIS BUDAYA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH SAINS QURAN AR-RIDWAN SUKOREJO-BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah maraknya kasus intoleransi dan radikalisme di lingkungan masyarakat. Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Pendidikan punya peran penting dalam menguatkan karakter Moderasi Beragama bagai generasi selanjutnya. Lembaga pendidikan Islam Madrasaha Tsanawiyah Sains Quran Ar-Ridwan Sukorejo-Bojonegoro adalah lembaga pendidikan yang menanamkan nilai-nilai Moderasi Beragama berbasis Budaya Madrasah. Serta membentengi siswa dengan akidah Islam yang kuat agar tidak terjerumus dalam tindak radikalisme.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Moderasi Beragama berbasis Budaya Madrasah serta faktor pendukung dan penghambat dari penanaman nilai-nilai Moderasi Beragama berbasis budaya madrash di MTs Sains Quran Ar-Ridwan Sukorejo-Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakann dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai Moderasi Beragama berbasis Budaya madrasah dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti Upacara Bendera, peringatan hari besar Nasional, Pembelajaran PPKN ( Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Budaya 5 S, Kemistri ( Kemah Silaturahmi Santri), pembelajaran di kelas, Orsi ( Orgasinasi Santri), Matsama ( Masa taaruf siswa madrasah), tumpengan, tari tradisional, nadzom, klotekan, dan Penguatan Pendidikan Agama Islam.(2) Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai Moderasi Beragama adalah peran guru, antusiasme siswa, penerimaan orang tua siswa, dan dukungan yayasan. Adapun faktor penghambat adalah sarana dan prasarana serta penggabungan dua kurikulum dalam satu lembaga.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai, Moderasi Beragama, dan Budaya Madrasah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggun Anggun Sabila Mustofa
Date Deposited: 10 Sep 2022 07:39
Last Modified: 10 Sep 2022 07:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
SHOFIYUDDIN, AHMAD
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item
View Item