AZIZAH, LAILI NUR (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MA ISLAMIYAH BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (671kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB 1.pdf
Download (810kB)
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (868kB) | Request a copy
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (783kB) | Request a copy
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (840kB) | Request a copy
7. BAB 5.pdf
Download (776kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Download (784kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim ini merupakan salah satu pembelajaran yang didalamnya mengandung muatan pendidikan karakter dalam mencapai visi madrasah. Dan ternyata masih ada siswa yang belum bisa menerapkan nilai-nilai akhlak yang ada pada kitab tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim Dalam Karakter Siswa di MA Islamiyah Balen Bojonegoro, dengan sub fokus mencakup: 1). Bagaimana Upaya Pembentukan karakter di MA Islamiyah Balen Bojonegoro? 2). Bagaimana Implementasi pembelajaran kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dalam membentuk karakter siswa di MA Islamiyah Balen Bojonegoro ? 3). Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa MA Islamiyah Balen Bojonegoro ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kajian Pustaka pada umumnya berisi uraian tentang teori. Biasanya konsep-konsep kajian Pustaka bersumber dari buku. Dalam hal ini peneliti menggunakan kitab “Adabul ‘Alim wal Muta’allim” karya KH. Hasyim Asy’ari. Pengumpulan data dilakukan dengan metode verstern (membaca dan memahami) isi kitab, wawancara mendalam, Observasi dan metode analisis data ini peneliti menggunakan metode analisis kajian pustaka yang meliputi Hermeneutika, Holistika dan heuristika.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Bagaimana upaya pembentukan karakter siswa di MA Islamiyah Balen Bojonegoro yaitu memperbanyak pembiasaan akhlak seperti berjabat tangan dengan guru, berdoa sebelum dimulainya pembelajaran, mengaji surat-surat pilihan, PPL di TPQ se kecamatan Balen, Pekan Disiplin Siswa, pendidikan keteladanan, nasihat-nasihat, dan pendidikan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di MA Islamiyah Balen Bojonegoro. 2). Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim dalam membentuk karakter siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Balen Bojonegoro yaitu dilakukan dalam kegiatan intrakulikuler (pembelajaran) maupun kegiatan ekstrakurikuler. 3). Apa faktor Pendukung dan Penghambat dalam pembentukan karater siswa Madrasah Aliyah Islamiyah Balen yaitu adanya kesadaran dalam diri siswa dalam pembentukan karakternya, kerja sama yang baik antara pihak madrasah dengan wali murid, sarana dan prasarana yang mendukung sedangkan faktor penghambat pembentukan karakter meliputi adanya latar belakang sekolah asal siswa dan siswa berasal dari keluarga yang broken home, dan keterbatasan jam pelajaran kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim, kurangnya motivasi, salah memilih teman
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nila-Nilai Akhlak Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim, Karakter Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Laili Nur Azizah |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:30 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ROZI, FAHRU UNSPECIFIED Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1107 |