IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN FIQIH MATERI IJARAH KELAS IX DI MTs TANWIROTUL QULUB NGULANAN DANDER BOJONEGORO

IRFANI, ABDULLAH LUKMAN (2022) IMPLEMENTASI INQUIRY LEARNING MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN FIQIH MATERI IJARAH KELAS IX DI MTs TANWIROTUL QULUB NGULANAN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung menggunakan metode pembelajaran Inquiry Learning melalui aplikasi Google Classroom dimana guru dan siswa melaksanakan pembelajaran secara Daring. Sedangkan pembelajaran Inquiry Learning merupakan metode pembelajaran yang mengharuskan peserta didik mencari jawaban dari permasalahan yang telah disajikan melalui proses observasi atau eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis dan logis, sehingga siswa dapat mengasah pengetahuannya mengenai materi yang disampaikan tanpa bantuan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran metode Inquiry Learning melalui daring Google Classroom pada mata pelajaran Fikih materi Ijarah siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran metode Inquiry Learning melalui daring Google Classroom pada mata pelajaran Fikih materi Ijarah siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategori dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran (daring) menggunakan Google Classroom yaitu guru mengacu sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu menggunakan RPP satu lembar. Sedangkan kelebihan pembelajaran metode Inquiry Learning melalui daring aplikasi Google Classroom meliputi: (1) Pembelajaran inkuiri ini dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya/keinginan mereka, (2) Siswa jadi lebih mandiri saat penugasan, (3) Meningkatkan kreatifitas dalam belajar. Sedangkan kekurangan pembelajaran metode Inquiry Learning melalui daring aplikasi Google Classroom meliputi: (1) Sinyal/koneksi Internet, (2) Keterbatasan kuota Internet. (3) Guru tidak bisa memantau dan mengawasi siswa saat pembelajaran berlangsung. Adapun solusi yang akan dipecahkan oleh peneliti yaitu dengan mengembangkan pembelajaran inquiry learning yang diberikan, dalam artian siswa akan semakin tertantang dengan permasalahan yang diberikan oleh guru. Salah satunya pada penggunaan audiovisual ataupun ruang kelas pada Google Classroom, Selain itu, siswa dapat memahami materi yang diperkenalkan oleh guru. Guru dapat memberikan materi, dan tugas di aplikasi google classroom yang juga sudah tersedia fitur Meet. Sehingga memunculkan ide kreatifitas dan kemandirian siswa dalam belajar sesuai dengan gaya mereka

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inquiry Learning, Aplikasi Google Classroom.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 03 Sep 2022 05:20
Last Modified: 08 Nov 2022 22:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi'
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Isroani, Farida
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item
View Item