KOMARUDIN, MUHAMMAD (2020) PROSEDUR PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA GLOBALISASI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Asmanah Kendal Dander Bojonegoro). Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (62kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (764kB)
BAB 1.pdf
Download (211kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (79kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pendidikan pondok pesantren dalam menghadapi tantangan di era globalisasi (studi kasus di Pondok Pesantren Al - Asmanah Kendal Dander Bojonegoro). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apa tantangan pondok pesantren Al - Asmanah di era globalisasi? (2) Bagaimana prosedur pendidikan yang diterapkan pondok pesantren Al - Asmanah dalam menghadapi tantangan era globalisasi? Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengasuh, ustadz, pengurus pesantren, serta para santri di pondok pesantren Al - Asmanah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) tantangan yang dihadapi pondok pesantren Al - Asmanah di era globalisasi meliputi bidang teknologi dan bidang pendidikan. Bidang teknologi yang terdiri dari dampak positif dan negatif. Bidang pendidikan yang berupa motivasi santri dalam hal belajar semakin menurun. (2) prosedur pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren Al - Asmanah meliputi: pertama, dengan memperketat peraturan yang meliputi tidak mudah memberikan izin kepada santri, terutama izin dalam acara kegiatan dan pulang. Hal ini bertujuan agar santri tetap mengikuti pembelajaran pondok sehingga mereka tidak tertinggal jauh dari materi yang diajarkan. Kedua, Tidak diperkenankan membawa gadget selama pembelajaran berlangsung, Ketiga, Semakin banyaknya kegiatan di pondok pesantren Al - Asmanah berupa pembelajaran, ekstrakulikuler, adanya seminar dari luar, penyuluhan dan promosi - promosi dari luar, adanya sosialisasi dengan pengasuh.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosedur, Pesantren, dan Globalisasi. |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 16 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2022 02:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Agus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1026 |