KHOIRUDIN, AHMAD AGUS (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NURUL HUDA DESA LERAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (290kB)
BAB I.pdf
Download (587kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (325kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan karakter merupakan hal yang tidak asing lagi untuk diperbincangkan dalam dunia pandidikan Islam. Karakterdalam dunia pendidikan Islam disebut akhlak. Pendidikan tentang akhlak sudah ada sejak didakwahkan Nabi Muhammad SAW dan diteruskan oleh para sahabat. Akhlak dan karakter tidak memiliki perbedaan jauh. Keduanya didefinisikan sebagai sikap yang muncul dan tidak ada pertimbangan, karena sudah ada di dalam pikiran. Penanaman karakter dalam dunia pendidikan bukan suatu yang asing untuk kita dengar. Tidak terlepas dari sekolah MTs Nurul Huda Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Permasalahan karakter sering dijadikan perbincangan hangat, oleh karena itu sekolah MTs Nurul Huda memiliki visi tersendiri dalam membentuk karakter bagi peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul HudaDesa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, dan mengungkap faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul Huda Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif lapangan yaitu penelitian yang mengharuskan langsung terjun ke lapangan. Penelitian ini dilakukan langsung dengan observasi dan menitik beratkan pada peran seorang pendidik dalam menerapkan pendidikan karakter dan melihat kondisi peserta didik di lapangan. Peserta didik diajarkan bersikap tanggung jawab, mandiri, jujur, kerja keras, semangat, percaya diri, kerja sama, gemar membaca, peduli lingkungan, disiplin, toleransi, menghargai, berakhlakul karimah, dan religius. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter yaitu latar belakang ekonomi orang tua siswa, dukungan dari orang tua dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter serta peran pendidik yang profesional. sedangkan faktor penghambatnya adalah belum bisa mendatangkan kedua orang tua siswa untuk menyatukan visi dan misi sekolah karena sekarang masih dalam keadaan pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Sholat Dhuha |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 14:41 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 14:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED Thesis advisor Fauziah, Zumrotul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1005 |