IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NURUL HUDA DESA LERAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

KHOIRUDIN, AHMAD AGUS (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS NURUL HUDA DESA LERAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal yang tidak asing lagi untuk diperbincangkan dalam dunia pandidikan Islam. Karakterdalam dunia pendidikan Islam disebut akhlak. Pendidikan tentang akhlak sudah ada sejak didakwahkan Nabi Muhammad SAW dan diteruskan oleh para sahabat. Akhlak dan karakter tidak memiliki perbedaan jauh. Keduanya didefinisikan sebagai sikap yang muncul dan tidak ada pertimbangan, karena sudah ada di dalam pikiran. Penanaman karakter dalam dunia pendidikan bukan suatu yang asing untuk kita dengar. Tidak terlepas dari sekolah MTs Nurul Huda Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Permasalahan karakter sering dijadikan perbincangan hangat, oleh karena itu sekolah MTs Nurul Huda memiliki visi tersendiri dalam membentuk karakter bagi peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul HudaDesa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, dan mengungkap faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter di MTs Nurul Huda Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif lapangan yaitu penelitian yang mengharuskan langsung terjun ke lapangan. Penelitian ini dilakukan langsung dengan observasi dan menitik beratkan pada peran seorang pendidik dalam menerapkan pendidikan karakter dan melihat kondisi peserta didik di lapangan. Peserta didik diajarkan bersikap tanggung jawab, mandiri, jujur, kerja keras, semangat, percaya diri, kerja sama, gemar membaca, peduli lingkungan, disiplin, toleransi, menghargai, berakhlakul karimah, dan religius. Faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter yaitu latar belakang ekonomi orang tua siswa, dukungan dari orang tua dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter serta peran pendidik yang profesional. sedangkan faktor penghambatnya adalah belum bisa mendatangkan kedua orang tua siswa untuk menyatukan visi dan misi sekolah karena sekarang masih dalam keadaan pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Kedisiplinan, Sholat Dhuha
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 29 Jun 2022 14:41
Last Modified: 29 Jun 2022 14:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item
View Item