PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH ABU DARRIN BOJONEGORO

AMIN, CHOIRUL (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH ABU DARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)

Abstract

Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring selama pandemi dimana semua guru mata pelajaran di sekolah tersebut disarankan untuk menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai media berinteraksi antara guru dengan siswa selama proses pembelajaran berlangsung secara online. Namun, hingga saat ini masih terdapat gangguan yang terjadi selama proses pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh tiap guru mata pelajaran, tidak terkecuali guru mata pelajaran Fiqih. Kendala yang kadang dijumpai oleh guru adalah jaringan internet siswa yang kurang stabil, sehingga siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran daring sesuai jadwal yang telah ditentukan dan terbatasnya jumlah kuota data yang mereka miliki saat ingin mengikuti pembelajaran daring, sehingga tidak sedikit yang terpaksa terlambat dalam menyetorkan tugas melalui aplikasi tersebut. Hal tersebut mendorong keinginan untuk mengkajinya lebih lanjut ke dalam bentuk penelitian ilmiah. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mengetahui pembelajaran daring dengan Google Classroom pada siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar Fiqih siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro, 3) Untuk mengetahui pembelajaran daring dengan Google Classroom berpengaruh terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sampel penelitian, yaitu siswa kelas XI.2 IPA yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran daring dengan Google Classroom pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro tergolong cukup, 2) Prestasi belajar Fiqih siswa kelas kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro tergolong cukup, 3) Pembelajaran daring dengan Google Classroom berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar Fiqih siswa kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, Google Classroom, Prestasi Belajar Fiqh
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 10 May 2022 02:42
Last Modified: 10 May 2022 02:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NISA’, IDA FAUZIATUN
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MAMLU’AH, AYA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item
View Item