PENGARUH METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA NEW NORMAL DI RA TARBIYATUL ATHFAL DESA DUKOHLOR KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO

ROHMAH, LAILI NI’MATUR (2021) PENGARUH METODE FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN SELAMA MASA NEW NORMAL DI RA TARBIYATUL ATHFAL DESA DUKOHLOR KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of cOVER.pdf] Text
cOVER.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (682kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

Ditengah wabah Covid-19 seperti ini banyak pendidik Anak Usia Dini yang bingung memilih metode pembelajaran yang cocok untuk diterapkan pada saat pembelajaran daring, karna anak-anak tidak diperbolehkan sekolah tatap muka setiap hari. Metode Flipped Classroom adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh pendidik Anak Usia Dini. Metode Flipped Classroom merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada masa New Normal, dimana dalam proses pembelajaranya anak melakukan pembelajaran tatap muka 2 hari disekolahan dan melakukan pembelajaran dirumah selama 4 hari. Dengan begitu anak-anak tetap dapat belajar dengan menyenangkan setiap hari, sehingga aspek kognitif anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode Flipped Classroom dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di Roudlotul Athfal (RA) Tarbiyatul Athfal Desa Dukohlor Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitiannya adalah seluruh populasi kelompok B di Roudlotul Athfal (RA) Tarbiyatul Athfal yang berjumlah 21 anak dengan rincian 13 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menyebarkan angket kemudian menggunakan Product Moment. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Dan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang bernilai positif yang tergolong kuat atau tinggi dari metode Flipped Classroom terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Roudlotul Athfal (RA) Tarbiyatul Athfal Tarbiyatul Athfal Desa Dukohlor Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rxy= 0,622, bila dibandingkan dengan rt dengan N=21 pada taraf signifikan 5%=0,433 dan 1%=0,549 maka rxy>rt→ Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti menunjukkan adanya pengaruh dalam penerapan metode Flipped Classroom terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun selama masa New Normal di RA Tarbiyatul Athfal desa dukohlor kecamatan malo kabupaten bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:35
Last Modified: 26 Apr 2022 03:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
UTSMAN, AHMAD FARID
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sahri, Sahri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item
View Item