STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KEREK TUBAN

SAUDAH, SITI NUR (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KEREK TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. CD  COVER.pdf] Text
1. CD COVER.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 2. CD   HALAMAN AWAL.pdf] Text
2. CD HALAMAN AWAL.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3. CD  BAB I.pdf] Text
3. CD BAB I.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 3. CD  BAB II.pdf] Text
3. CD BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. CD  BAB III.pdf] Text
4. CD BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. CD  BAB IV.pdf] Text
5. CD BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. CD  BAB V.pdf] Text
6. CD BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 7. CD  LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
7. CD LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung secara online melalui jaringan internet guru harus memiliki strategi yang cocok untuk menempuh pembelajaran ini agar tetap berjalan secara efektif, efisien dan optimal serta dapat berjalan dengan baik. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui,: (1) strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) pada pembelajaran dalam jaringan (Daring) guna meningkatkan pemahaman siswa di SMA Negeri 1 Kerek Tuban. (2) implementasi strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) pada pembelajaran dalam jaringan (Daring) di SMA Negeri 1 Kerek Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) strategi guru: (a)menyusun RPP (b) metode yang di gunakan menyesuaikan materi ajar tetapi lebih seringnya menggunakan metode project based learning,problem based learning dan demonstrasi. (b) media yang di gunakan: aplikasi whatsapp, google classroom dan zoom meeting. (c) pendekatan: berpusat pada guru dan siswa (d) teknik: menyesuaikan metode yang di terapkan (e)evaluasi: tes tulis, observasi, hasil kinerja proyek. (2) implementasi strategi guru: (a) kegiatan pra pembelajaran di awali guru menghimbau kepada siswa untuk melengkapi kebutuhan yang akan di guanakan. (b) kegiatan pendahuluan: guru menyampaikan tujuan dan manfaat yang dapat di ambil setelah mempelajari materi pelajaran. (c) kegiatan inti: guru mengadakan hubungan timbal balik dengan siswa, berinteraksi dan bertukar informasi. (d) kegiatan penutup: guru menutup pelajaran dengan memberi nasehat, motivasi dan semangat depada siswa untuk selalu bersemangat belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:43
Last Modified: 19 Apr 2022 02:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item
View Item