KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MELAKUKAN INOVASI PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BALENREJO KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO

ROHMAN, BENI (2014) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MELAKUKAN INOVASI PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BALENREJO KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Sesuai dengan peran dan fungsinya kepala sekolah harus memiliki strategi pendidikan yang berorientasi pada mutu. Berdasarkan pada pemikiran di atas penulis ingin mengetahui upaya-upaya kepala sekolah dalam inovasi pendidikan. Lembaga pendidikan yang dijadikan obyek penelitian adalah MTs Islamiyah Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, dengan mengambil judul," Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melakukan Inovasi Manajemen Pendidikan di MTs. Islamiyah Balenrejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro" Adapun rumusan masalah, Pertama. Bagaimana usaha-usaha kepala sekolah dalam inovasi pendidikan di MTs Islamiyah Balenrejo? Kedua, Bagaimana pola kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan di MTs Islamiyah Balenrejo? Ketiga Apasajakah faktor yang menghambatan dan mendukung kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan? Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah termasuk dalam penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data terkait dengan rumusan masalah di atas memakai metode interview dan observasi sebagai sumber data utama dan metode dokumentasi sebagai sumber data tambahan. Sebagai alat analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan obyek penelitian yang ada dilapangan sesuai dengan rumusan masalah di atas. Adapun hasil dari penelitian ini dapat penulis simpulkan sebagaimana berikut; (1) Berdasarkan hasil penelitian, usaha-usaha kepala sekola dalam inovasi pendidikan di MTs Islamiyah Balenrejo berjalan cukup baik. a). Inovasi meningkatkan kualitas guru, dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan seminar-seminar, mengadakan studi banding dan bergabung dalam musyawarah guru mata pelajaran (MGMP). b). Inovasi pengelolaan kurikulum yaitu menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam penyelenggaraan pendidikan. c). Inovasi kegiatan belajar mengajar (KBM), menggunakan pendekatan Contectual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan metode mengajar yang bervariasi. d). Inovasi evaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), menggunakan evaluasi berbasis kelas dengan menggunakan bentuk laporan nilai murni.(2) Pola Kepemimpina yang dikembangkan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Islamiyah Balenrejo mengadopsi gaya kepemimpinan transformasional agar semua potensi yang ada di sekolah dapat berfungsi secara optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Usaha-usaha kepala sekolah, Inovasi Manajemen Pendidik
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 206 Pemimpin dan organisasi keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 08 Jun 2021 10:24
Last Modified: 26 Oct 2021 22:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item
View Item