IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA MTs TANWIROTUL QULUB NGULANAN DANDER BOJONEGORO

AZIZAH, AFIFATUL (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA MTs TANWIROTUL QULUB NGULANAN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 2. awalan.pdf] Text
2. awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung. Sedangkan Aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang berbentuk ruang kelas terhubung melalui koneksi internet dan terjadi di dunia maya. MTs Tanwirotul Qulub merupakan lembaga pendidikan di desa yang menerapkan Pembelajaran dalam jaringan melalui Aplikasi Google Classroom selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran Fikih siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran Fikih siswa kelas IX MTs Tanwirotul Qulub Ngulanan Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan mengambil sebuah peristiwa (deskripsi). Analisa data dilakukan melalui reduksi data, display data, kategorisasi dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh dari beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran dalam jaringan yaitu guru mengacu sesuai dengan anjuran pemerintah yaitu menggunakan RPP satu lembar. Sedangkan kelebihan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom meliputi; (1) Lebih efektif dalam segi waktu, (2) Lebih Fleksibel, (3) Siswa jadi lebih mandiri saat penugasan. Sedangkan kekurangan pembelajaran dalam jaringan melalui aplikasi Google Classroom meliputi; (1) Signal/koneksi, (2) Minimnya kuota internet, (3) Guru tidak bisa memantau dan mengawasi siswa saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Dalam Jaringan, Aplikasi Google Classroom.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 14 Apr 2022 06:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item