PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN ARABIC MORNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) UNGGULAN AL FALAH PACUL BOJONEGORO BOJONEGORO

Rahmita, Diah (2021) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI KEGIATAN ARABIC MORNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) UNGGULAN AL FALAH PACUL BOJONEGORO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning adalah suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam interaksi belajar bahasa Arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Karena mayoritas siswa SMP Unggulan Al Falah adalah lulusan sekolah dasar (SD) sehingga belum tentu mengenal bahasa Arab. Untuk mempermudah siswa mempelajari dan memahami bahasa Arab maka perlu adanya sebuah metode yang digunakan dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Karena sukses tidaknya pembelajaran tergantung metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pembelajaran bahasa Arab yang ada di SMP Unggulan Al Falah. Dengan sub fokus mencakup definisi, faktor pendukung dan penghambat kegiatan Arabic Morning, serta upaya untuk mengatasi hambatan pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Unggulan Al Falah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimanakah pembelajaran bahasa Arab melalui kegiatan Arabic Morning. Dimana peneliti mendapatkan data penelitian dengan cara langsung mendatangi SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro sebagai tempat penelitian. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk menggali data pada penelitian ini. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah guru mapel bahasa Arab di SMP Unggulan Al Falah. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi data. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan, peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab perlu adanya metode yang menyenangkan. Agar pembelajaran tidak membosankan, seorang guru perlu memilih metode yang hendak dugunakan dalam proses pembelajaran. Di SMP Unggulan Al Falah Pacul Bojonegoro dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dimana seorang guru menyampaikan mufrodat dengan sebuah lagu atau nyanyian.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab, kegiatan Arabic Morning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 02 Apr 2022 04:10
Last Modified: 08 Apr 2022 14:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma'arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item
View Item