PENGARUH PEMBELAJARAN MUFRADAT (KOSAKATA) BAHASA ARAB TERHADAP KECAKAPAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN ALROSYID KENDAL DANDER BOJONEGORO

Nikmah, Nailatun (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN MUFRADAT (KOSAKATA) BAHASA ARAB TERHADAP KECAKAPAN BERBAHASA ARAB BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN ALROSYID KENDAL DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya kegiatan pembelajaran mufradat tersebut akan mendukung santri dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab dengan cakap dan lancar sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam penelitian ini, penulis membahas pengaruh pembelajaran mufradat terhadap kecakapan berbahasa Arab. Mufradat adalah kosakata bahasa Arab. Kecakapan merupakan cakap dalam menyimak, mendengarkan, membaca dan berbicara dengan bahasa Arab. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang muncul yaitu: 1. Bagaimana pembelajaran mufradat (kosakata) bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro, 2. Bagaimanakah kecakapan berbahasa Arab santriwati di Pondok Pesantren AlRosyid Kendal Dander Bojonegoro, 3. Adakah pengaruh pembelajaran mufradat (kosakata) bahasa Arab terhadap kecakapan berbahasa Arab bagi santriwati di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi product moment dan desain penelitian stratified random sampling. Subjek penelitian berjumlah 38 santri. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari hasil kepustakaan, wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Berdasarkan data yang diperoleh setelah mengadakan penelitian dan menganalisis data dari setiap data-data yang diperoleh peneliti adalah hasil perhitungan dengan melihat tabel nilai “r” : N = 38. Dengan melihat nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan N sebesar 38, maka dapat digambarkan, yakni pada taraf 5% rxy > rt = 0,630 > 0,320, sedangkan pada taraf signifikansi 1% ro > rt = 0,630 > 0,413. Jadi dalam hipotesis nihil (Ho) di tolak, dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada Pengaruh pembelaaran mufradat teradap kecakapan berbahasa Arab bagi santriwati di pondok pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di harapkan dapat berguna bagi santri dan pengajar di Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN MUFRADAT, KECAKAPAN BERBAHASA ARAB
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 490 Bahasa-bahasa lain > 492 Bahasa-bahasa Afro-Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 03 Mar 2022 15:00
Last Modified: 03 Mar 2022 15:00
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
Ahmad, Badaruddin
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item