PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDIAYAH (MI) ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO

HIDAYATI, YAYUK (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA MADRASAH IBTIDIAYAH (MI) ULUL ALBAB PLESUNGAN KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V MI Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro, dengan ketuntasan hasil belajar siswa memiliki kategori rendah. Hal ini disebabkan penggunaan strategi pembelajaran masih kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two dan hasil belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro serta untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two terhadap hasil belajar IPS siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ulul Albab Plesungan Kapas Bojonegoro Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Dengan alasan, jenis penelitian kuantitatif lebih sistematis, terencana, terstruktur, jelas dari awal hingga akhir penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, dokumentasi, angket dan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif dengan komputasi Microsoft ecxel menggunakan rumus Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pre test. Berdasarkan hasil pehitungan analisa data dengan komputasi Microsoft ecxel menggunakan rumus Product Moment Pearson didapat bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dimana hasil r hitung lebih besar dari r tabel baik pada baik taraf signifikansi 5% (5% : 30) atau 0,614 > 0,361 maupun pada taraf signifikansi 1 % (1%;30) dimana 0,614 > 0,463. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Tipe The Power of Two, Mata Pelajaran IPS,Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:41
Last Modified: 25 Jan 2022 02:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
Email
Thesis advisor
IMAMAH, HABIBATUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item
View Item