STRATEGI HAFALAN HADITS ANAK AUTIS DENGAN METODE YAHQI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ATH THOLIBIN NGAMBON BOJONEGORO

NINGRUM, ARTINI (2020) STRATEGI HAFALAN HADITS ANAK AUTIS DENGAN METODE YAHQI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) ATH THOLIBIN NGAMBON BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Menghafal hadits adalah kemampuan atau kepandaian dalam mengikat
lebih erat lagi materi yang telah dihafalkan agar tidak hilang tentang apa yang
diriwayatkan oleh Nabi Muhammad saw, baik berupa perkataan, perbuatan,
ketetapan, baik itu yang telah dilakukan Nabi maupun yang belum dilakukan oleh
Nabi Muhammad saw. Anak autis adalah gangguan perkembangan neurobiologis
yang sangat komplek/berat dalam kehidupan yang panjang, yang meliputi
gangguan pada aspek perilaku interaksi sosial, komunikasi dan bahasa, serta
gangguan emosi dan persepsi sensorik bahkan pada aspek motoriknya. Metode
Yahqi ialah metode menghafal dengan cara guru memberikan metode gerakan
pada lafadz yang diucapkan kepada peseta didik seperti bahasa isyarat anggota
tubuh.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan hafalan
hadits anak autis dengan metode yahqi Di MI Ath Tholibin Ngambon. 2)
Pelaksanaan hafalan hadits anak autis dengan metode yahqi Di MI Ath Tholibin
Ngambon. 3) Evaluasi hafalan hadits anak autis dengan metode yahqi Di MI Ath
Tholibin Ngambon.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian
ini siswa ABK di MI Ath Tholibin Ngambon. Data yang telah terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah
terkumpul sebagaimana adanya disusun, diinterpretasikan kemudian dianalisis,
untuk selanjutnya diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan hafalan hadits anak
autis dengan metode yahqi Di MI Ath Tholibin Ngambon meliputi: a)
Menentukan Standar Kompetensi Lulusan; b) Menentukan Materi Hafalan; c)
Menentukan Alokasi Waktu; dan d) Menentukan Metode. (2) Pelaksanaan hafalan
hadits anak autis dengan metode yahqi Di MI Ath Tholibin Ngambon, meliputi: a)
kegiatan awal; b) kegiatan inti; dan d) kegiatan akhir. (3) Evaluasi hafalan hadits
anak autis dengan metode yahqi Di MI Ath Tholibin Ngambon dilaksanakan
diakhir pembelajaran dengan memberi post test pada siswa secara lisan dan
evaluasi hafalan ḥadis juga dilakukan satu bulan sekali dengan mengikuti panduan
yang ada di buku metode yahqi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: hafalan hadits, anak autis, Metode Yahqi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:13
Last Modified: 20 Jan 2022 05:13
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item
View Item