IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DAN PROFESIONAL GURU DI MA AL-HIDAYAH LAJO KIDUL SINGGAHAN TUBAN

Kholilurrahman, Kholilurrahman (2021) IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DAN PROFESIONAL GURU DI MA AL-HIDAYAH LAJO KIDUL SINGGAHAN TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tulisan ini berfokus pada tiga hal: (1) Perencanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban; (2) Pelaksanaan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban; dan (3) Hasil supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban.
Tulisan ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data, kemudian menganalisa data dengan analisis situs tunggal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (l) Perencanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban adalah dengan cara melakukan penyusunan perencanaan, baik dalam pelaksanaan maupun pemantauan untuk memudakan evaluasi pengembangan potensi diri guru berdasarkan data, fakta dan analisis yang obyektif. (2) Pelaksanaan supervisi klinis di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban mengambil beberapa bentuk seperti; observasi ke kelas secara langsung, diskusi dan wawancara secara non-formal, serta rapat evaluasi periodik setiap seminggu sekali. (3) Adapun hasil supervisi klinis di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban yaitu kepala madrasah mengapresiasi guru yang berhasil meningkatkan kualitas dan mutu kinerjanya, kemudian memberikan peluang untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya hingga diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi. Sedangkan untuk guru yang kurang dalam peningkatan kinerjanya maka diberikan pendampingan secara berkala.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogis, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Choirotul Nikmah
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:57
Last Modified: 16 Jun 2022 09:58
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item
View Item