Kholilurrahman, Kholilurrahman (2021) IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIS DAN PROFESIONAL GURU DI MA AL-HIDAYAH LAJO KIDUL SINGGAHAN TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER.pdf
Download (654kB)
2. AWALAN.pdf
Download (657kB)
3. BAB I.pdf
Download (337kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (245kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB) | Request a copy
8. BAB VI.pdf
Download (185kB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
Abstract
Tulisan ini berfokus pada tiga hal: (1) Perencanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban; (2) Pelaksanaan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban; dan (3) Hasil supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan kompetensi profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban.
Tulisan ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data, kemudian menganalisa data dengan analisis situs tunggal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (l) Perencanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban adalah dengan cara melakukan penyusunan perencanaan, baik dalam pelaksanaan maupun pemantauan untuk memudakan evaluasi pengembangan potensi diri guru berdasarkan data, fakta dan analisis yang obyektif. (2) Pelaksanaan supervisi klinis di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban mengambil beberapa bentuk seperti; observasi ke kelas secara langsung, diskusi dan wawancara secara non-formal, serta rapat evaluasi periodik setiap seminggu sekali. (3) Adapun hasil supervisi klinis di MA Al-Hidayah Lajo Kidul Singgahan Tuban yaitu kepala madrasah mengapresiasi guru yang berhasil meningkatkan kualitas dan mutu kinerjanya, kemudian memberikan peluang untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya hingga diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan formal yang lebih tinggi. Sedangkan untuk guru yang kurang dalam peningkatan kinerjanya maka diberikan pendampingan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogis, Kompetensi Profesional Guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 09:57 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 09:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri UNSPECIFIED Thesis advisor Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/939 |