KASANAH, ISMIATUL (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 SOKO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (106kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (817kB)
BAB 1.pdf
Download (186kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (110kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Peran kepala sekolah dalam suatu pendidikan merupakan hal yang penting dalam mewujudkan keberhasilan peserta didik. Sebagai seorang pemimpin harus memiliki kelebihan dibandingkan anggota-anggota lain, salah satu faktor terpenting yang dapat mendorong sekolah untuk menjadi lebih baik yaitu dengan mewujudkan visi, misi, dan tujuan melalui program sekolah yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam penanaman karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Soko, dengan sub fokus mencakup : (1) peran kepala sekolah di SMA Negeri 1 Soko kecamatan Soko kabupaten Tuban, (2) bagaimana bentuk-bentuk penanaman karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Soko kecamatan Soko kabupaten Tuban, (3) bagaimana usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam penanaman karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Soko kecamatan Soko kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipilih adalah reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) peran kepala sekolah di SMA Negeri 1 Soko ada tujuh yaitu educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator, (2) bentuk-bentuk penanaman karakter religius siswa meliputi : pembiasaan, keteladanan, memberikan sanksi atau hukuman, akhlak dan kedisiplinan, (3) usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam penanaman karakter religius siswa ialah sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, do’a bersama atau istighosah, seni baca Qur’an atau qori’, dan hadrah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Karakter Religius, Siswa. |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 19 May 2022 04:40 |
Last Modified: | 19 May 2022 04:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor IZZA, YOGI PRANA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/928 |