Zahro, Muklisatin (2021) KREATIVITAS GURU AGAMA DI MASA PANDEMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAI MIFTAHUL HUDA SENDANG REJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (15kB)
AWALAN.pdf
Download (472kB)
BAB I.pdf
Download (183kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (75kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (141kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kreativitas guru agama adalah kemampuan untuk menemukan pemikiran tentang ide-ide baru dalam pemecahan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang pendidikan agama Islam. Oleh karena itu guru yang kreatif harus mempunyai rasa tertarik untuk mencari tentang perkembangan pendidikan Islam pada saat ini dan harapan untuk yang akan datang. Usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam harus dibarengi dengan : guru yang berkualitas, peningkatan materi, peningkatan pemakaian metode, dan peningkatan sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini untuk menjawab masalah pokok penelitian yaitu : untuk mendiskripsikan kreativitas guru agama dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam, upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung serta penghambat guru agama untuk berkreativitas di Sekolah Menengah Atas Islam Miftahul Huda Sendang Rejo Bojonegoro . Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, komunikasi dan dokumenter. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis Agar peserta didik tidak merasa jenuh dengan materi yang disampaikan oleh guru, dan dengandemikian peserta didik akan tertarik untuk giat belajar dan kualitas pendidikan agama islam akan lebih meningkat menjadi lebih baik. Faktor pendukung : a) Kegiatan sekolah yang sangat mendukung baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, b) Guru-Guru yang berkualitas, c) Lingkungan sekolah yang kondusif, d) Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung. Sedangkan factor penghambat : a) Latar belakang siswa, b) Minat serta semangat siswa yang terkadang kurang, c) kemampuan penangkapan pemahaman siswa yang heterogen, d) kesadaran siswa yang kurang berdisiplin. Sehingga kesimpulan yang didapat adalah bahwakreativitas setiap guru bervariasi dan penerapan kreativitas guru agama tersebut disesuaikan dengan materi, keadaan siswa dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 May 2022 06:01 |
Last Modified: | 18 May 2022 06:01 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI UNSPECIFIED Thesis advisor ANWAR, SAEFUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/900 |