HIDAYAH, ANIS FITRIANSAH NUR (2021) EFEKTIFITAS RUTINAN MEMBACA RATIB AL-HADDAD SEBAGAI METODE PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
cover.pdf
Download (350kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
Bab 1.pdf
Download (814kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (895kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB) | Request a copy
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Download (528kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Ratib adalah sekumpulan ayat Al-Qur’an Al-Karim dan uraian kalimat-kalimat zikir yang lazim diwiridkan atau diucapkan berulang-ulang. Pendidikan karakter ialah pendidikan moral, budi pekerti, nilai, watak, yang bertujuan menumbuhkan keahlian peserta didik untuk menerima sikap baik buruk, menjaga yang baik, melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai efektivitas rutinan membaca ratib al-haddad sebagai metode pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Rhoudlotut Tholibin Balen adalah (1) penerapan pembacaan Ratib Al-Haddad, (2) Metode pemdidikan Karakter santri, (3) Efektivitas pembacaan Ratib Al-Haddad sebagai metode pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Balen Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan efektivitas, pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan Kreadibilitas (validitas internal), Trasferabilitas (realibilitas), dan Dependabilitas (reabilitas). Informan penelitian yaitu pengasuh, kepala pondok, pengurus pondok dan wali santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bagaimana penerapan pembacaan Ratib Al-Haddad di Rhoudlotut Tholibin Balen. Penerapan bacaan Ratib Al-Hadad diterapkan pukul 17.00 WIB, Kecuali hari kamis Ratib Al-Haddad di baca sehabis sholat isya’ yang bertempat di mushola pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen. (2) Bagaimana metode pendidikan karakter santri di Rhoudlotut Tholibin Balen Adapula metode yang diterapkan di pondok Pesantren Roudhotut Tholibin dengan metode mengajarkan, metode megajaran, metode keteledanan, metode pembiasaan, dan metode praktik atau latihan. (3) Efektivitas pembacaan Ratib Al Haddad sebagai metode pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Balen. Metode praktik yang merupakan metode paling tepat digunakan. tingkat keefektifan atau kesuksesan suatu bacaan ratib yang pertama pada pembacaan yang dilakukan oleh santri atau ustadzah, bagaimana seorang santri memilih bacaan yang baik digunakan dalam sehari-hari. Yang kedua pada cara atau teknik pembacaannya. Santri berkumpul shaff dan menghadap kiblat. Pemimpin ratib kemudian membukanya dengan bacaan surat al-fatihah, ayat kursi dan seterusnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, peningkatan Mutu, Pendidik |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 17 May 2022 06:36 |
Last Modified: | 17 May 2022 06:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Mamlu’ah, Aya UNSPECIFIED Thesis advisor Choiri, Moh. Miftahul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/881 |